Cara Membersihkan CPU dan Komponennya

Cara Membersihkan CPU dan Komponennya

Cara Membersihkan CPU dan Komponennya

Cara Membersihkan CPU dan Komponennya
Cara Membersihkan CPU dan Komponennya

Komputer yang awet tidak tergantung pada spesifikasinya. Pemakaian yang baik dan perawatan yang teratur juga berpengaruh pada kinerja komputer. Salah satu perawatan yang harus selalu dilakukan adalah menjaga kebersihan komputer dari segala debu dan kotoran lain. Bagaimanapun juga, debu dalam komputer adalah hal yang tidak bisa dielakkan. Secara rutin debu dan kotoran lain harus dibersihkan, terlebih jika komputer digunakan secara terus menerus seperti di warnet atau perkantoran, karena akan mempengaruhi kinerja komputer yang juga mempengaruhi kenyamanan para pemakainya.

Inilah cara membersihkan CPU komputer dari debu dan kotoran lainnya. Ada baiknya lakukanlah diruangan terbuka agar debu langsung terbawa udara.

1. Putuskan aliran listrik

Putuskan semua aliran listrik yang terhubung pada CPU baik secara langsung maupun secara tidak langsung.

2. lepaskan kabel perangkat yang terhubung pada CPU

Copot atau lepaskan semua kabel perangkat yang terhubung pada CPU seperti mouse,keyboard,LAN dan lain sebagainya dan pastikan tidak ada lagi yang terhubung pada CPU.

3. Bersihkan Power Supply Unit

Mulai lah lebih awal untuk melepaskan semua kabel yang terhubung pada MOBO (matherboard),HD (harddisk) hingga semua komponen yang masih terhubung, kemudian lepaskan baut power sapply pada cassing,bersihkan lah power sapply menggunakan blower atau bisa menggunakan kuas kecil lakukan lah dengan pelan pelan, jika kipas power sapply kotor dan berdebu akan membuat putarannya lambat dan membuat power sapply cepat panas

4. Bersihkan perangkat dalam CPU

Lepaskan semua perangkat yang terhubung dalam MOBO (matherboard) contonya kabel harddisk,RAM dan lain sebagainya.bersihkan lah semua perangakat dengan menggunakan kuas atau menggunakan kain yang bersih lakukan dengan pelan pelan. Khusus untuk RAM,jika pada kaki kaki RAM sudah terlihat kuning kehitaman atau tidak mengkilap bersihkan lah menggunakan penghapus pensil.
Banyaknya kasus setelah membersihkan komputer saat dinyalakan tidak tampil apapun pada layar itu di karnakan RAM kotor dan tidak dapat terkoneksi dengan baik.

5. Motherboard (MOBO)

Lepaskan lah semua baut yang mobo yang masih menempal pada kesing dengan hati hati, jangan teledor agar tidak merudak mobo, kemudian angkat lah mobo tersebut began hati hati lalu bersihkan menggunakan kuas, jika anda tidak yakin gunakanlah blower untuk memembersihkan semua kotorannya.

6. Heatsink Fan (kipas pendingin processor)

Lepaskan semua pengikat heatsink pada mobo, kemudian angkat dengan pelan pelan, jika terjadi kesulitan saat melepaskan heatsink kerna thermal paste pada bagian heatsink yang menempel dengan kuat pada processor, putar lah heatsing dengan hati hati hingga heatsink bisa terlepas. Jika sudah terlepas dari processor lakukanlah pembersihan pada heatsink fan,baik menggunakan kuas maupn menggunakan blower,dan jangan lupa bersihkan pula sisa sisa thermal paste yang ada pada bagian bawah heatsink.jika memungkinkan pisahkan fan dari heatsink agar lebih mudah membersihkannya.

7. Processor

Angkaktlah processor dari dudukannya,kemudian bersihkan semua debu debu dan kotoran yang menempel pada processor hingga kelihatan bersih, bersihkan lah sisa sisa thermal paste dan jangna lupa pula bersihkan dudukan atau tempat processor pada mobo.

8. Casing

Setelah semua perangkat selesai di bersihkan, lanjut pada pembersihan casing, lakukan pembersihan casing baik dalam maupun luar casing menggunakan kuas atau kain, bila perlu gunakan air dan pembersih khusus agar casing terlihat baru kembali, setelah itu keringkan casing dan pastikan benar benar kering dan tidak ada sisa sisa air.

9. Perakitan kembali

Bila semua sudah bersih dan cassing pun telah bersih dan bebas dari air, selanjutnya yaitu merakit atau memasangan semua alat alat atau perangakat yang telah di bongkar
Mulai dari pemasangan mobo pada cassing,meletakkan processor pada dudukannya di dalam mobo jagan lupa beri olesan thermal paste secara merata,kemudian pasang heatsink fan pastikan processor dan heatsing fan berada pada dudukan yang pas dan tepat.setelah selesai lakukan semua pemasangan perangkat dari urutan bawah keatas atau urutan sebaliknya.

Sumber: https://www.galerinfo.com/