Cara Menghemat Tinta Printer

Cara Menghemat Tinta Printer

Cara Menghemat Tinta Printer

Cara Menghemat Tinta Printer
Cara Menghemat Tinta Printer

Tak terlibas era digital

Yang secara perlahan mengusir dunia percetakan, printer ternyata masih sangat dibutuhkan, baik dalam bidang pendidikan, pekerjaan, dan masih banyak lainnya. Dalam menggunakan printer, tinta menjadi salah satu hal yang diperhatikan dalam penggunaannya.

Jika tak digunakan secara maksimal, seperti misalnya mencetak yang tak perlu, tinta akan terbuang sia-sia dan pastinya merogoh dompet. Untuk itu, beberapa hal di bawah sini perlu diperhatikan agar tinta printer di rumah tak boros dan membebani daftar pengeluaranmu.

 

Seleksi halaman yang ingin diprint

Sering kali kita mencetak sebuah dokumen tanpa memilah halaman padahal kita hanya membutuhkan beberapa halaman saja dan membuang yang tak dibutuhkan. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya kamu menyeleksi terlebih dahulu halaman yang benar-benar kamu butuhkan untuk kemudian dicetak.

 

Gunakan ecofont

Kini tersedia ecofont, yaitu font yang memiliki lubang-lubang di setiap hurufnya. Bukan tanpa sebab, ternyata keberadaan lubang-lubang di setiap hurufnya membuat font ini lebih hemat tinta hingga 20% dibandingkan font biasa ketika dicetak.

 

Periksa kembali dokumen dengan print preview

Untuk menghindari kesalahan setelah print yang akan berujung revisi, ada baiknya kamu me-review terlebih dahulu dokumen yang hendak kamu cetak sebelum akhirnya masuk proses printing.

 

Gunakan mode draft

Dalam mode draft, printer akan mencetak dokumen dengan resolusi kualitas cetak yang lebih rendah. Jangan khawatir dokumen akan terlihat tak terbaca, jika isi file yang ingin kamu cetak hanya berupa tulisan saja, pastinya akan tetap bisa terbaca. Tak hanya jadi lebih hemat tinta, mode draft ini membuat proses cetak dokumen jadi lebih cepat, lho!

 

Tingkatkan kecerahan gambar

Tahu kah kamu bahwa tingkat kecerahan gambar suatu file dapat mempengaruhi tinta printer? Umumnya dokumen gambar pasti akan lebih banyak menggunakan tinta dibanding teks. Oleh karena itu, ada baiknya mencerahkan gambar terlebih dahulu gambar yang hendak dicetak, karena gambar dengan tingkat kecerahan yang lelbih tinggi menggunakan tinta lebih sedikit dibanding gambar gelap yang lebih membutuhkan banyak tinta untuk menciptakan efek gelap yang solid di hasil akhirnya.

Sumber : https://ngelag.com/