Langkah-langkah dalam Metode Pembelajaran Demonstrasi

Langkah-langkah dalam Metode Pembelajaran Demonstrasi

Langkah-langkah dalam Metode Pembelajaran Demonstrasi

Langkah-langkah dalam Metode Pembelajaran Demonstrasi
Langkah-langkah dalam Metode Pembelajaran Demonstrasi

Menurut Hasibuan dan Mujiono (1993: 31)

langkah-langkah metode Pembelajaran demonstrasi adalah sebagai berikut:

1) Merumuskan dengan jelas kecakapan dan atau keterampilan apa yang diharapkan dicapai oleh siswa sesudah demonstrasi itu dilakukan.

2) Mempertimbangkan dengan sungguh-sungguh, apakah metode itu wajar dipergunakan, dan apakah ia merupakan metode yang paling efektif untuk mencapai tujuan yang dirumuskan.

3) Alat-alat yang diperlukan untuk demonstrasi itu bisa didapat dengan mudah, dan sudah dicoba terlebih dahulu supaya waktu diadakan demonstrasi tidak gagal.

4) Jumlah siswa memungkinkan untuk diadakan demonstrasi dengan jelas.

5) Menetapkan garis-garis besar langkah-langkah yang akan dilaksanakan, sebaiknya sebelum demonstrasi dilakukan, sudah dicoba terlebih dahulu supaya tidak gagal pada waktunya.

6) Memperhitungkan waktu yang dibutuhkan, apakah tersedia waktu untuk memberi kesempatan kepada siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan komentar selama dan sesudah demonstrasi.

7) Selama demonstrasi berlangsung, hal-hal yang harus diperhatikan:

• Keterangan-keterangan dapat didengar dengan jelas oleh siswa.

• Alat-alat telah ditempatkan pada posisi yang baik, sehingga setiap siswa dapat melihat dengan jelas.

• Telah disarankan kepada siswa untuk membuat catatan-catatan seperlunya.

8) Menetapkan rencana untuk menilai kemajuan siswa. Sering perlu diadakan diskusi sesudah demonstrasi berlangsung atau siswa mencoba melakukan demonstrasi.

 Kegiatan Pelaksanaan Metode Demonstrasi

1) Kegiatan Pembukaan

– Aturlah tempat duduk yang memungkinkan setiap siswa dapat memperhatikan apa yang didemonstrasikan guru.

– Tanyakan pelajaran sebelumnya.

– Timbulkan motivasi siswa dengan mengemukakan anekdot atau kasus di masyarakat yang ada kaitannya dengan pelajaran yang akan dibahas.

– Kemukakan tujuan apa yang harus dicapai oleh siswa dan juga tugas-tugas apa yang harus dilakukan disamping dalam demonstrasi nanti.

2) Kegiatan Inti Pembelajaran

– Mulailah melakukan demonstrasi sesuai yang telah direncanakan dan dipersiapkan oleh guru.

– Pusatkan perhatian siswa kepada hal-hal penting yang harus dikuasai dari demonstrasi yang dilakukan oleh guru sehingga semua siswa mengikuti jalannya demonstrasi dengan sebaik- baiknya.

– Ciptakan suasana kondusif dan hindari suasana yang menegangkan.

– Berikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dan kritis mengikuti proses demonstrasi termasuk memberi kesempatan bertanya dan komentar-komentar.

3) Kegiatan Mengakhiri Pembelajaran

– Meminta siswa merangkum atau menyimpulkan pokok-pokok atau langkah- langkah kegiatan demonstrasi.

– Memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya mengenai hal-hal yang belum dipahami.

– Melakukan evaluasi, baik evaluasi hasil belajar maupun evaluasi bersama tentang jalannya proses demonstrasi.

– Tindak lanjut baik berupa tugas-tugas berikutnya maupun tugas-tugas untuk mendalami materi yang baru diajarkan.

Baca Juga: