Tips Cara Mengemas Bahan Ajar

Tips Cara Mengemas Bahan Ajar

Tips Cara Mengemas Bahan Ajar

Tips Cara Mengemas Bahan Ajar
Tips Cara Mengemas Bahan Ajar

Bahan ajar adalah

Bahan-bahan atau materi pelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran.

 

Bahan ajar dapat berperan

Bagi guru dan siswa. Bagi guru, bahan ajar dapat berperan dalam hal: menghemat waktu guru mengajar, mengubah peran guru menjadi fasilitator, dan membantu proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Sementara peran bahan ajar bagi siswa adalah membantu siswa dapat belajar tanpa harus ada guru atau siswa lain, siswa dapat belajar kapan dan di mana saja, siswa dapat belajar dengan kecepatannya sendiri, siswa dapat belajar menurut urutannya sendiri dan membantu potensi siswa untuk menjadi pelajar mandiri.

 

Peran bahan ajar dalam pembelajaran

Klasikal adalah sebagai bahan yang tak terpisahkan atau pelengkap dari buku utama. Pemanfaatan bahan ajar dalam pembelajaran klasikal dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.

 

Peran bahan ajar dalam pembelajaran individual

Adalah sebagai bahan utama dan sangat menentukan dalam proses pembelajaran. Di samping itu, bahan ajar juga dapat dijadikan sebagai alat yang dapat digunakan untuk menyusun dan mengawasi proses siswa memperoleh informasi.

Bahan ajar merupakan bahan yang terintegrasi dalam pembelajaran kelompok.

Sumber : https://www.ilmubahasainggris.com/