Pengaruh Perkembangan Iptek Terhadap Kehidupan masyarakat

Pengaruh Perkembangan Iptek Terhadap Kehidupan masyarakat

Pengaruh Perkembangan Iptek Terhadap Kehidupan masyarakat

Pengaruh Perkembangan Iptek Terhadap Kehidupan masyarakat
Pengaruh Perkembangan Iptek Terhadap Kehidupan masyarakat
  1. Pengaruh perkembangan iptek terhadap industrialisasi dan urbanisasi

Seperti yang telah dibahas dalam bagian sebelumnya, penemuan-penemuan baru dalam bidang ilmu pengetahuan dan industri di Inggris telah menjadi faktor utama yang mendorong terjadinya revolusi industri pada abad ke-18. Indikator penting yang dapat diperhatikan dalam perkembangan industri adalah: (1) efisiensi dalam hal waktu, tenaga, dan biaya, dan (2) produktivitas industri yang tinggi dalam rangka pemenuhan terhadap segala macam kebutuhan hidup manusia. (http://bpbd.lampungprov.go.id/blog/contoh-teks-editorial/)

  1. Pengaruh demokratisasi terhadap industrialisasi dan urbanisasi

Isu-isu tentang demokratisasi telah memberikan pemahaman baru tentang persamaan hak dan kewajiban pada setiap orang. isu demokratisasi telah memberikan kesadaran baru tentang persamaan derajat pada setiap orang. Pesan-pesan demokrasi tersebut sejalan dengan tuntutan industrialisasi, hal mana dalam proses industrialisasi setiap orang tersedia kesempatan dan peluang yang sama untuk berkarir dan berprestasi dalam bidang industri. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai pendukung proses industrialisasi tidak pernah memandang jenis kelamin, ras , agama, dan sebagainya. Dengan demikian demokratisasi telah berperan dalam peningkatan partisipasi masyarakat dalam sektor industri. Karena sektor industrialisasi yang pada umumnya dibangun di perkotaan, maka secara otomatis angkatan kerja akan berbondong-bondong menuju kota dalam rangka mencari lapangan kerja sebagaimana yang diinginkan.

  1. Pengaruh efisiensi terhadap industrialisasi dan urbanisasi

Pada dasarnya efisiensi merupakan suatu ketepatan dalam mendayagunakan waktu, tenaga, dan biaya dalam penyelenggaraan kegiatan industri. Pada umumnya langkah efisiensi selalu diikuti dengan langkah efektivitas. Artinya, tenaga, waktu, dan biaya yang ada didayagunakan sedemikian rupa sehingga menghasilkan produksi yang berkualitas dalam jumlah yang besar. Prinsip efisiensi identik dengan prinsip ekonomi, yakni dengan modal yang sedikit menghasilkan lama yang besar.

  1. Pengaruh sekularisasi terhadap industrialisasi dan urbanisasi

Sekularisasi pada satu sisi telah mendorong terbentuknya manusia yang berjiwa materialistis. Hal tersebut terjadi sehubungan dengan misi sekularisasi yang ingin memisahkan kehidupan dunia dari nilai-nilai keagamaan. Pada sisi yang lain, sekularisasi telah mengajarkan sikap hedonis dalam kehidupan masyarakat. Sikap seperti inilah yang mendorong manusia untuk sedapat mungkin menghasilkan uang dalam rangka memenuhi segala macam kebutuhan hidupnya.