Prinsip Komunikasi Data Dalam Jaringan Komputer

Prinsip Komunikasi Data Dalam Jaringan Komputer

Prinsip Komunikasi Data Dalam Jaringan Komputer

Prinsip Komunikasi Data Dalam Jaringan Komputer
Prinsip Komunikasi Data Dalam Jaringan Komputer

Prinsip Komunikasi Data

Proses untuk menyampaikan pikiran, ide dan maksud seseorang kepada orang lain merupakan berkomunikasi. Cara yang digunakan biasanya melalui lisan dan tulisan. Berbagai media komunikasi pun dipakai misalnya radio, televisi dan koran.
Komunikasi pada alat elektronik harus memiliki komponen – komponen primer komunikasi. Komponen – komponen tersebut adalah transmitter, saluran komunikasi / medium, dan receiver.
Misalkan, pada siaran radio yang merupakan input adalah suara penyiar di stasiun pemancar radio. Mic di dekat mulut penyiar mengubah suara menjadi gelombang elektromagnetik yang ditransmisikan oleh transmitter melalui antena pemancar. Medium untuk gelombang tersebut adalah udara yang menjadi media perambat, sebelum diterima receiver melalui antena penerima. Lalu speaker mengubah gelombang elektromagnetik menjadi suara penyiar kembali. Gangguan akan mempengaruhi output suara penerima, misalnya badai ataupun kondisi cuaca buruk.

Jika radio menggunakan gelombang elektromagnetik, lalu apa yang digunakan oleh komputer  untuk berkomunikasi ?

Tidak seperti alat elektronik lainnya, komputer bekerja berdasarkan data dan program. Data merupakan bentuk lain dari informasi. Satu data dapat dibedakan dari data lainnya karena memiliki bentuk yang baku.
Adapun program berguna untuk mengolah data yang ada di dalam komputer, tersimpan di RAM maupun harddisk, menjadi sesuatu yang diinginkan dan dapat dimengerti oleh manusia. Oleh karena itu, komputer berkomunikasi memakai data yang diproses sebuah program serta mengolah nya menjadi informasi yang dimengerti pengguna komputer.

Lantas bagaimanakah data dapat berubah menjadi informasi ?

Data yang ada pada komputer berbentuk data biner. Biner hanya memiliki angka 1 dan 0. Biner menggambarkan suatu informasi. Kumpulan kode yang dibentuk banyak angka 1 dan 0 menghasilkan informasi. Kode tersebut dibuat dengan kesepakatan yang harus dipatuhi oleh semua pihak.
Kode ASCII ( American Standar Code for Information Interchange ) merupakan kode yang dipakai pada komputer. Tabel ASCII terdiri atas 256 karakter dari 0 desimal sampai 255 desimal. Misalnya, karakter A memiliki kode desimal 65 atau kode binernya 01000001. Jika di layar monitor tampil karakter A, komputer hanya mengetahui bahwa ada data biner 01000001 yang terdiri atas 8 bit.

Bagaimanakah caranya mengirimkan karakter A melalui kabel dari komputer 1 ke komputer 2 ?

Caranya adalah dengan mengirimkan satu per satu bit ke komputer 2. Mulai bit ke-1 (angka 1) sampai bit ke-8 (angka 0). Setelah komputer menerima semua bit, program menerjemahkan data 01000001 sesuai kode ASCII, yaitu karakter A.