9 keberkahan shalat subuh berjamaah

9 keberkahan shalat subuh berjamaah

9 keberkahan shalat subuh berjamaah

9 keberkahan shalat subuh berjamaah
9 keberkahan shalat subuh berjamaah

Di antara waktu-waktu istimewa yang diciptakan allah swt untuk muslim adalah saat subuh. Di dalamnya terkandung keberkahan , begitu mulianya waktu subuh, rasulullulah. Saw secara khusus berdo’a “ya allah berkahilah umatku selama mereka senang bangun subuh.” (HR. Tirmidzi, abu daud , ahmad dan ibnu majah)

Dr. Khalid ahmad abu syadi dalam bukunya bisnis yang tak pernah rugi : tips meraih kebahagian dunia akhirat dan Dr. raghib As sirjani dalam bukunya misteri shalat subuh menuliskan 10 keberkahan yang akan di dapat bila seorang muslim melaksanakan shalat subuh berjmaah.

Pahalanya sebanding dengan qiyamul lail sepanjang malam

Bangun dari tidur lalu memenuhi panggilan adzan dan mengerjakan shalat bersama dengan orang-orang yang beriman , pahalanya sama dengan mengerjakan qiyamul lain sepanjang malam.

Nabi Muhammad.saw bersabda: “barang siapa shlat isya berjamaah, maka seakan-akan dia melakukan qiyamul lail tengah malam dan barang siapa shalat subuh berjamaah maka seakan-akan dia melakukan shalat sepanjang malam” (HR. imam ahmad dan imam muslim melalui utsman bin affan)

Cahaya di hari kiamat

Shalat subuh merupakan sumber dari segala sumber cahaya di hari kiamat.
Di hari itu, semua sumber cahaya di dunia, akan padam. Matahari akan digulung dan bintang – bintang berjatuhan sebagai mana firman allah.

Qur’an surah At-takwir 1 – 2

“apabila matahari digulung dan apabila bintang-bintang berjatuhan”

Manusia di bangkitka dalam keadaan gelap gulita, gelap yang berlipat ganda. Saat itu , manusia membutuhkan cahaya supaya bisa meraba jalannya, agar bisa melewati kumpulan orang-orang yang begiu banyak jumlahnya. Takala melewati sirath (jembatan di akhirat) cahaya sangat dibutuhkan.

Rasulullah mengabarkan dalam sebuah sabdanya tentang cahaya yang dapat menerangi seorang muslim saat kiamat nanti.

Sumber cahaya itu berasal dari shalat subuh yang dikerjakan secaa berjamaah.

“berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan ke masjid di kegelapan malam bahwa mereka akan memperoleh cahaya yang sempurna di hari kiamat” (HR, ibnu majah, ibnu khuzaimah di dalam kitab shahih-nya dan imam hakim)
Dalam hadis di atas , rasulullah menegaskan barang siapa yang berjalan di kegelapan malam menuju tempat shalat (mesjid) maka makin besarlah cahayanya dan sinarnya makin luas pada hari kiamat.

Orang mikmin mengetahui bahwa menjalin kegelapan di dunia ini imbalannya adalah cahaya di akhirat. Berjalan di kegelapan malam menuju masjid tiada lain menabung cahaya baginya yang menerangi jalannya di atas shirath sehingga ia dapat menyebrang sampai ke surge.

Masuk ke surga

Rasulullah bersabda :
“barang siapa yang mengerjakan shalat bedain akan masuk surga “ (fat-hul bari).
Dalam hadis lain nabi bersabda :
“barang siapa yang shalat dua waktu yang dingin maka akan masuk surga“ (HR. Bukhari)

Yang dimaksud dengan shalat bardain adalah shalat subuh dan ashar. Ibnu hajar mengatakan dalam kitab al – fath bahwa kedua shalat ini sesebut berdain karena keduanya dikerjakan pada waktu sejuk siang dan berada di tepi siang hari, yaitu saat udara sejuk dan panas matahari melemah.

Pada kedua waktu ini, manusia cendrung beristirahat dan tidur, manusia cendrung beristirahat dan tidur, yang membuatnya malas untuk melakukan aktivitas.

Sehubungan dengan kenyataan ini, nabi Muhammad saw memberikan semangat dengan meyampaikan kabar gembira yang besar.

Seakan-akan rasulullah bersabda bahwa surga diturunkan kepadamu ke bumi dan menampkkan dirinya kepadamu melalui dua waktu yang berharga ini. Karena itu dirilah olehmu pembagian ini agar kamu menepati bagian darinya dan lepaskanlah anak-anak panahmu di saat peetempuran niscaya kamu akan memperoleh ghanimahnya. Janganlah kamu tetap berada di tempat bersama orang-orang yang duduk. Bila kamu tetap duduk-duduk maka kamu akan binasa.

Laporan pengawasan

Sesungguhnya setiap muslim mempunyai janji dengan allah tiap hari, yaitu shalat subuh dan shalat ashar.

Artikel terkait lainnya : Usaha yang ditempuh rasulullah saw untuk membentuk masyarakat islam di madinah serta hikmah sejarah dakwah periode madinah

Di antara kedua shalat itu, malaikat memberikan laporan kepada allah tentang ibadah kaum muslimin. Nabi Muhammad saw bersabda:
“malaikat malam hari dan malaikat siang hari silih berganti kepadmu. Merka berkumpul dalam shalat subuh dan shalat ashar. Malaikat yang semalam bersamamu naik , lalu tuhan menanyai mereka, padahal dia lebih mengetahui dari pada mereka, bagimana kah keadaan hamba-hambaku saat kamu tinggalkan? Mereka menjawab ‘ kami tinggalkan mereka dalam keadaan tengah shalat dan kami datangi mereka dalam keadaan tengah shalat; (HR. syaikhain melalui abu hurairah)

Shalat sunnah yang lebih mulia dari pada dunia seisinya

Shalat fajar , yaitu shalat sunnah sebelum subuh merupakan shalat sunnah yang paling banyak pahalanya di bandingkan shalat sunnah lainnya.

Rasululah mengistimewakannya dengan pahala yang begitu besar sebagaimana hadis yang begitu besar sebagimana hadis yang di riwiyadkan dari aisyah :

“dua rakaat fajar (shalat sunnah sebelum subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya” (HR. muslim)

Bekal dunia dan akherat

Karena waktu yang mengiringi shalat subuh merupakan waktu yang mengandung banyak keberkahan.

Nabi Muhammad swt. Menganjurkan agar waktu itu digunakan menyibukan diri dengan berzikir kepada allah.swt hingga matahari terbit, kemudian beliau shalat dhuha dua rakaat, sebagaimana sabdanya:

“barang yang ikut shalat fajar berjamaah di mesjid kemudian duduk berzikir mengigat allah swt sampai matahri terbit, lalu mengerjakan shalat dua rakaat , maka baginya pahala bagaikan orang yang menunikan ibadah haji dan umrah dengan sempurna , sempurna dan sempurna” (HR.Tirmidzi)

Dibukakan pintu rezeki

Keberkahan subuh juga membuka pintu –pintu rezekinya yang telah dihamparkan di hari itu. Sebab itu, allah swt menyerukan kaum muslimin untuk menyambut rezeki nya dengan segera bangun pagi.

Dalam sebuah yang di riwadkan ahmad dan baihaqi, deceritakan bahwa ketika rasulullah saw pulang dari shalat subuh di mesjid nabawi, beliau mendapati putrinya siti Fatimah masih tidur-tiduran. Dengan penuh kasih saying lantas beliau menggerakkan badan putrinya itu sembari berkata “ wahai ankku, bangunlah , saksikanlah rezeki tuhanmu dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai karena allah mebagikan rezeki kepada hambanya antara terbit fajar dengan terbit matahari.

Memperoleh kesehatan dan kesegaran

Keberkahan lain yang dipetik oleh orang yang bangun subuh adalah sehat. Hal ini, menurut majalah al mujtama, Kuwait disebabkan oleh banyak factor antara lain:

Udara pada waktu subuh mengandung kadar gas ozon dalam persentase yang lebih pekat kemudian menipis secara bertahap seiring dengan terbitnya matahari.

Gas ozon ini di serap oleh urat-urat syaraf tubuh dan memberikan stimulasi kepadanya sehingga otak adan otor dapat bekerja secara optimal. Persentase sinar ultra secara optimal, persentase sinar utra violet pada pagi hari relative lebihkuat. Sinar ini merangsang kulit ubuh untuk membuat vitamin D yang berguna untuk tulang, sebagaimana sianr infra merah mempunyai pengaruh yang membangkitkan kesadaran dan persentase cartison yang terkadung di dalamd arah relative mekain tinggi pada waktu subuh dan kedarnya makin merendah secara relative di pentang hari.

Melihat allah di akhirat

Tiada suatu nikmat pun yang diberikan allah kepada ahli surga yang lebih disukai oleh mereka yang lebih dai pada memandang wajah allah yang mahamulia.

Kemuliaan ini hanya didapat oleh ahli shalat sunnah fajar, sebagai mana yang diberikan oleh nabi saw melalui sabdanya :

Ingatlah , sesungguhanya kalian akan melihat tuhan kalian bagikan kalian melihat bulan ini, kalian tidak berdesak-desaksaat melihatnya. Jika kalian mampu meraih kesempatan dengan mengerjakan shalat (sunnah) sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelam , kerjakalnlah’

Rasulullah lalu meyampaikan firman allah

“dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu malam hari (sebelum matahari terbit) dan pada waktu-waktu siang hari (sebelum matahari terbenam) supaya kamu merasa senang (QS : taha : 13)

Waktu subuh adalah yang sangat istemewa bagi orang yang ingin bangun pada waktu itu dan mengerjakan shalat sunah fajar dan shalat subuh berjamaha.

Banyak sekali yang dapat kita petik apabila mau bangun pagi dan shalat subuh berjaamah dari segi ibadah pahalanya sangat besar, dari segi kesehatan dan mental, rezki dan lain

Dengan bangun subuh dan shalat subuh berjamah tentu kita akan mendapat ketenanga yang luar biasa ketika mejalini aktivitas hari itu.

Sumber: https://www.catatanmoeslimah.com/2018/09/kumpulan-bacaan-sholawat-nabi-muhammad-saw.html