Badan Pengelola Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat

Badan Pengelola Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat

Badan Pengelola Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat

Badan Pengelola Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat
Badan Pengelola Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat

Koprasi berdasarkan undang-undang no.17 tahun 2013

Tentang perkoprasian,adalah badan hukum yang di dirikan oleh orang peroangan atau badan hukum koprasi,dengan pemisahan kekayaan para anggotanya sebagai modal bentuk menjalankan usaha,yang memenuhi aspirasi dan kebutuhan bersama di bidang ekonomi,sosial dan buadaya sesuai dengan nilai dan prinsip .

Karakteristik pilihan bentuk badan hukum koprasi adalah;

1 . Memberikan kepastian hukum terhadap kepemilikan oleh masyarakat atas badan hukum koprasi dan aset-asetnya . 2. Mempunyai kapasitas untuk memiliki aset /kekayaan . 3. Memiliki kapasitas untuk mengadakan hubungan hukum dengan pihak ke 3 telah di kenal dan diakui umum sebagai lembaga pemberdayaan ekonomi masyarakat . 4. Setiap dan seluruh warga masyarakat dapat menjadi anggota koprasi dan dengan demikian akan terlayani oleh koprasi . Koprasi yang berazas musyawarah (satu orang satu suara ) sejalan dengan prinsif pemberdayaan masyarakat .

 

Perkumpulan Berbadan Hukum (PBH) adalah

sebuah bentuk badan hukum nirlaba yang di dirikan berdasarkan stetsblad no.64 tahun 1870 tentang perkumpulan-perkumpulan berbadan hukum dan undang-undang no.17 tahun 2003 tentang organisasi kemasyarakatan karakteristik PBH adalah; 1. mempunyai kapsitas hukum untuk memiliki aset,dan mengadakan hubungan hukum dengan pihak ke tiga . 2. Keanggotaan dengan sikap terbuka,semua warga bisa menjadi anggota . 3. Merupakan bentuk badan hukum secara lazim digunankan sebagai organisasi kemasyarakatan termasuk organisasi pemberdayaan masyarakat .

 

Perseroan terbatas (PT),berdasarkan undang-undang no.40 tahun 2007

Tentang perseroan terbatas,adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, berdasarkan perjanjian,melakukan kegiatan usaha dengan modal besar yang seluruhnya terbagi atas saham dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan . Karakteristik pilihan badan hukum PT adalah; 1. Telah dikenal secara luas terutama kedalam dunia usaha; 2. Telah di dukung oleh perangkat-perangkat hukum yang relatif lengka[ dan demikian teregluasi dengan baik; 3. Bentuk badan hukum berorientasi profil .

Sumber : http://bkpsdm.pringsewukab.go.id/blog/teks-ulasan-dan-contoh-teks-ulasan/