Bahaya dan Penyakit yang disebabkan Mie Intans

Bahaya dan Penyakit yang disebabkan Mie Intans

Bahaya dan Penyakit yang disebabkan Mie Intans

Bahaya dan Penyakit yang disebabkan Mie Intans
Bahaya dan Penyakit yang disebabkan Mie Intans

Apa Bahaya Mengonsumsi Mie Instan dengan Nasi

Mengkonsumsi nasi putih dengan mie instan menghasilkan kurang lebih sekitar 750.000 kalori perporsi, padahal rata-rata wanita dewasa hanya butuh 1200 – 1500 kalori per hari. Hal ini sangat tidak baik bagi tubuh. Secara normalnya, makanan yang masuk ke dalam tubuh dicerna menjadi gula dan akan menyebabkan pankreas kita menghasilkan hormon insulin. Jika kita mengonsumsi makanan yang memiliki kalori tinggi maka hormon insulinnya juga akan melonjak tinggi dan hal ini tidak baik, karena akan mengakibatkan kerja pankreas mengalami “kelelahan” dan berakibat kerusakan pankreas kemudian timbul penyakit diabetes atau penyakit kencing manis.
Perpaduan karbohidrat dari nasi dan mie instan dapat menaikkan indeks glikemik, sehingga gula dalam darah melonjak drastis. Inilah yang membuat semakin tingginya risiko masalah diabetes. Hanya makan nasi dan mie instan juga tidak memenuhi kecukupan gizi lain seperti protein, serat, vitamin dan sebagainya. Tingginya kalori dari mie instan dan nasi juga membuat tubuh mudah gemuk.
 

Penyakit-penyakit yang disebabkan oleh Konsumsi Mie Instan

Beberapa penyakit yang dapat timbul akibat terlalu banyak mengonsumsi mie instan, antara lain:
a. Chinese Restaurant Syndrome
Bahaya makan mie instan yang satu ini lebih mirip keracunan. Hal ini disebabkan oleh MSG yang terdapat pada bumbu mie instan. Ada beberapa orang yang tidak tahan dengan MSG, lalu kemudian merasa pusing dan sesak nafas. Namun penyakit ini tidak terlalu fatal, karena akan sembuh setelah 2-3 jam kemudian.
b. Infeksi Usus Besar
Zat aditif seperti MSG dan zat lilin yang terkandung dalam mie instan yang tidak tercerna dan mengendap pada usus lama-kelamaan dapat mengakibatkan pembusukan hingga kebocoran pada organ tersebut.
 

Penyebab kanker

Mie instan banyak mengandung zat aditif seperti MSG yang bisa menjadi pemicu kanker dalam tubuh. Banyak kasus nyata tentang orang yang sakit dan diduga disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi mie instan.
 

Kerusakan Jaringan Otak

Mengkonsumsi mie instan terus-menerus sama dengan menumpuk zat-zat kimia berbahaya dalam tubuh dan efeknya bisa merusakkan sel-sel jaringan otak. Akibatnya, akan terjadi penurunan transmisi sinyal dalam otak. Selain itu, kerusakan jaringan sel otak ini juga akan memicu penyakit-penyakit lain seperti stroke atau kelumpuhan.