Komponen-Komponen Klimatologi

Komponen-Komponen Klimatologi

Komponen-Komponen Klimatologi

Komponen-Komponen Klimatologi
Komponen-Komponen Klimatologi

Adapun komponen-komponen klimatologi tersebut adalah sebagai berikut:

1. suhu

Suhu merupakan salah satu faktor lingkungan yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan makhluk hidup,termasuk tumbuhan. Suhu dapat memberikan pengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung. Menurut Rai dkk(1998) suhu dapat berperan langsung hampir pada setipa fungsi dari tumbuhan denggan mengontrol laju proses-proses kimia dalam tumbuhan tersebut,serta berperan tidak langsung dengan mempengaruhi faktor-faktor lain nya trrutama suplai air.suhu akan mempengaruhi lajub epavorasi dan memnyebab kan keefektifan hujan tetapi juga laju kehilangan air dari organisme (elfis 2010).

2. Kelembaban udara

Kelembapan adalah konsentrasi uap air di udara. Angka konsentasi ini dapat diekspresikan dalam kelembapan absolut, kelembapan spesifik atau kelembapan relatif. Alat untuk mengukur kelembapan disebut hygrometer (Wikipedia, 2012).

3. Angin

Angin adalah udara yang bergerak yang diakibatkan oleh rotasi bumi dan juga karena adanya perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke bertekanan udara rendah (Wikipedia, 2012).

4. Kelembapan

Kelembapan merupakan salah satu komponen abiotik diudara dan ditanah. Kelembapan di udara berarti kamdungan uap air diudara sedangkan kelembapan ditanah berarti kandungan air ditanah (aryulina dkk, 2007:269).

5. Awan, kabut

Awan ialah gumpalan uap air yang terapung di atmosfera. Ia kelihatan seperti asap berwarna putih atau kelabu di langit. Awan tidak sama jenisnya dan selalu berubah bentuk. Awan bergantung pada ketinggian dan suhunya. (https://dosen.co.id/)