Tips Terbaik Budidaya Tomat

Tips Terbaik Budidaya Tomat

Tips Terbaik Budidaya Tomat

Tips Terbaik Budidaya Tomat
Tips Terbaik Budidaya Tomat

Tomat atau (Solamun lycopersicumsyn. Lycopersicum esculentum) Adalah tumbuhan yang dari keluarga (Solanaceae), Tumbuhan asli amerika tengah dan selatan, Dari meksiko hingga Peru. Tomat ini merupakan tumbuhan siklus yang hidup singkat, Yang dapat tumbuh setinggi 1 hingga 3 Meter. Dan tomat merupakan keluarga dekat dengab Kentang.

Pemeliharaan Tanaman Pada Budidaya Tomat

Penyulaman Budidaya Tomat : Penyulaman budidaya tomat di lakukan sampai umur tanaman tomat lebih kurang 2 minggu. Tanaman tomat yang telah terlalu tua apabila masih terus di sulam mengakibatkan pertumbuhan tidak seragam. Berpengaruh terhadap pengendalian hama penyakit.

Perempelan Dan Pengikatan Tanaman Pada Budidaya Tomat : Perempelan tunas samping tanaman tomat di lakukan sampai pembentukan cabang, Baik itu cabang utama, Cabang ke dua, Dan seterusnya yang diatas cabang utama. Jadi diatas cabang utama cabang di pelihara adalah Cabang-cabang produktif.

Perempelan tunas di bawah cabang utama bertujuan memacu pertumbuhan vegetatif tanaman agar tanaman tomat tumbuh Kekar. Disamping itu juga menjaga kelembaban tanaman tomat pada saat tanaman telah Dewasa. Sedangkan perempelan tunas di bawah cabang-cabang produktif bertujuan menjega kelembaban tanaman tomat dan mengoptimalkan Produktif.

Perempelan daun tsnaman tomat di bawah cabang utama di lakukan pada saat tajuk tanaman tomat telah menutupi seluruh daun bagian bawah. Saat ini daun telah tidak berfungi secara optimal, Justru, Sangat di senangi hama penyakit tanaman. Perempelan daun juga di lakukan bagi daun tua/terserang Penyakit.

Sanitasi Lahan Dan pengairan Pada Budidaya Tomat

Sanitasi lahan pada budidaya tomat Meliputi : Pengendalian gulma/rumput, Pengendalian air pada saat musim hujan sehingga tidak munculnya genangan air, Pemangkasan daun serta pencabutan tanaman tomat yang terserang hama Penyakit.

Pengairan di berikan secara teratur dan terukur. Dengan penggenangan atau pengeleban seminggu sekali apabila tidak turun hujan, Penggenangan jangan terlalu tinggi, Batas penggenngan hanya 1/3 dari tingginya bedengan.

Pemupukan Susulan Pada Budidaya Tomat

Pupuk akar di berikan dengan cara pengocoran pada umur 15 hst, 15 hst dan 35 hst dengan dosis 3 kg NPK 15-15-15 di larutkan dalam 200 liter air, Untuk 1000 tanaman, Tiap-tiap tanaman tomat di berikan 200 ml.

Pupuk daun kandungan Nitrogen tinggi di berikan pada umur 7 hst dan 24 hst, Sedangkan pupuk daun kandungan Phospat, Kalium dan mikro tinggi di berikan pada umur 20 hst, 30 hst dan 45 hst. Dosis/Konsentrasi penyemprotan sesuai pentunjuk pada Kemasan.

 

Sumber: https://www.duniabudidaya.co.id