Cara Pembesaran Ikan Nila di Kolam Tanah

Cara Pembesaran Ikan Nila di Kolam Tanah

Cara Pembesaran Ikan Nila di Kolam Tanah

Cara Pembesaran Ikan Nila di Kolam Tanah
Cara Pembesaran Ikan Nila di Kolam Tanah

Bagaimana cara pembesaran ikan nila di bak tanah? Pada dasarnya, budidaya ikan nila dapat dilaksanakan di dataran rendah sampai menengah dengan ketinggian mencapai 500 m di atas permukaan laut. Daerah yang paling cocok untuk pemeliharaan ikan ini yakni daerah yang mempunyai sumber air bersih di sepanjang tahun.

Bagaimana cara pembesaran ikan nila di bak tanah Simak Pembesaran Ikan Nila di Kolam Tanah

Persyaratan Lokasi

Ikan nila bisa dibesarkan di bak tanah. Tanah yang baik yakni tanah lempung, bersifat liat, dan tidak berporous. Tanah ini bisa menahan air dengan baik sehingga tidak mudah bocor. Untuk mempermudah pengairan, tingkat kemiringan tanah yang dianjurkan berkisar antara 3-5 persen.

Air yang digunakan harus benar-benar bersih, tidak terlalu keruh, dan tidak tercemar. Setelah banyak mengandung plankton, air yang semula berwarna jernih akan menjadi kehijau-hijauan. Pada bak tanah, tingkat kecerahan air yang baik sekitar 20-30 cm, dapat diukur menggunakan secchi disc. Sedangkan debit air yang ideal semoga suasananya damai berada di kisaran 8-15 liter/detik.

Persiapan Kolam

Persiapan bak tanah harus dilaksanakan paling tidak 2 ahad sebelum bak tersebut diisi dengan ikan nila. Diawali dengan pengeringan, penjemuran selama beberapa hari, pembersihan dari rerumputan, pencangkulan, dan perataan dasar kolam. Perbaikan juga dilakukan pada tanggul dan pintu air semoga tidak mengalami kebocoran, serta kanal untuk menjamin kelancaran sirkulasi air.

Untuk memperbaiki tingkat keasaman tanah, dasar bak perlu diberikan kapur tohor dengan dosis sebanyak 100-300 kg/ha atau kapur pertanian sejumlah 500-1000 kg/ha. Kemudian pupuk sangkar juga bisa ditambahkan sebanyak 1-2 ton/ha untuk meningkatkan kesuburan tanah. Selain ditaburkan ke seluruh dasar kolam, pupuk sangkar pun dapat diletakkan di pintu pemasukan air supaya tersebar merata.

Pengisian Air

Setelah persiapan bak selesai, selanjutnya bak tanah tersebut siap diisi dengan air bersih. Pengisian dilakukan dalam dua tahap, di mana tahap pertama bak diisi dengan air sedalam 5-10 cm dan dibiarkan selama 2-3 hari untuk mendorong terjadinya mineralisasi tanah di dasar kolam. Lalu pengisian air tahap kedua dilakukan dengan menambahkan air sampai kedalaman 75-100 cm. Biarkan bak tersebut selama 5-7 hari semoga fitoplankton tumbuh di dalamnya. Barulah kemudian bibit ikan nila siap dilepaskan.

ikan hias – Fitoplankton merupakan pakan alami ikan nila. Ciri-ciri bak yang sudah ditumbuhi fitoplankton yakni warna air di bak bermetamorfosis kuning kehijau-hijauan. Bila diamati dengan seksama, pada dasar bak juga banyak dihuni oleh organisme air menyerupai kutu air, jentik-jentik serangga, cacing tanah, anakan siput, dan sebagainya.

Pemeliharaan Ikan

Ketinggian air bak yang disarankan selama masa pemeliharaan berkisar antara 75-100 cm. Setelah itu, bak bisa diberikan pupuk sangkar secara terjadwal setiap 2 ahad sekali untuk mempertahankan tingkat kesuburannya. Dosis yang digunakan pada setiap pemupukan sekitar 500 kg/ha dan dibagi menjadi 4 karung. Semua karung ini lantas diletakkan di pintu pemasukan air, 2 karung di sebelah kana dan 2 kurang lagi di sebelah kiri pintu air.

Selain pupuk kandang, bak ikan nila juga sebaiknya diisi dengan urea dan TSP dengan dosis masing-masing sebanyak 30 kg/ha. Kedua pupuk ini lantas dimasukkan ke dalam kantong plastik yang dilubangi supaya pupuk bisa larut dengan air bak sedikit demi sedikit. Kemudian kantong plastik ini digantungkan pada sebatang bambu yang dipancangkan di dasar bak dengan posisi yang terendam sebagian.

Pemberian Pakan

Pakan yang diberikan kepada ikan nila harus memiliki mutu yang mengagumkan dengan ransum harian sebesar 30% dari berat biomassa ikan setiap hari. Makanan yang direkomendasikan berbentuk pelet dengan kandungan protein sekitar 30% dan lemak antara 6-8%. Dosis derma pakan harus memperhatikan karakteristik dari ikan nila tersebut.