Sehat Dengan Terapi Spiritual

Sehat Dengan Terapi Spiritual

Sehat Dengan Terapi Spiritual

Sehat Dengan Terapi Spiritual
Sehat Dengan Terapi Spiritual

bagaimana terapi spiritual ini bisa membuat diri kita sehat? Ada beberapa alasan kita butuh terapi spiriual sebagai metode penyembuhan. Di antaranya ialah sebagai berikut:

1. Ibadah Apapun Berdampak Baik bagi Pelakunya

Memaksimalkan ibadah dengan baik sesuai tuntunan, serta menghayati dan merasakan makna dari setiap ibadah yang kita lakukan merupakan pintu bagi kita untuk mendapatkan berbagai anugerah dari Allah Swt. Hanya orang-orang yang melakukan ibadah dengan baik yang bisa mendapatkan dampak baik dari ibadahnya.

Dampak baik ini ialah secara lahir maupun batin, scara lahiriah, ibadah apa pun mempunyai sisi yang baik untuk kesehatan, dan sisi batinnya setiap ibadah yang ita lakukan mampu mendatangkan anugerah berupa sebuah kepuasan batin. Jika keduanya bisa kita dapatkan, peluang untuk sehat semakin banyak, seiring engan ibadah yang kita lakukan.

2. Ibadah Bisa Mendatangkan Ketenangan

Puncak kenikmatan yang tidak terhingga saat kita telakukan ibadah adalah ketenangan. Ketenangan lerupakan hal yang sangat berharga dalam kehidupan ita. Ketenangan menjadi penentu kita bisa bahagia apa dak, karena inti dasar kebahagiaan ialah ketenangan, dan ketenangan merupakan potensi yang paling besar untuk mendapatkan kesehatan.

Sementara itu, salah satu media yang sangat baik untuk mendapatkan ketenangan adalah ibadah yang baik. Sebab, dalam ibadah yang kita lakukan bisa membersihkan kita dari segala hal yang selalu mengganggu pikiran, dan kita dapat terbebas dari rasa khawatir dan segala yang menimpa kita. Sebab, kita sudah menyerahkan sepenuhnya dengan ikhlas kepada Allah Swt.

3. Ibadah Dapat Membuat Seseorang Selalu Percaya Diri

Bagi sebagian orang, rasa percaya diri merupakan hal yang sangat susah didapatkan. Dalam kondisi tidak ada harapan pada apa pun, biasanya kita dalam kondisi jiwa yang rapuh dan lunglai, dan merasa bahwa segala hal yang tidak baik selalu menimpa kita. Oleh karena itu, hanyalah ibadah yang menjadi media yang ampuh untuk menumbuhkan rasa percaya diri yang sesungguhnya. Sebab, dalam ibadah yang sungguh-sungguh terdapat banyak harapan yang tidak terhingga, sehingga dapat optimis dalam menghadapi kehidupan. Pada saat tertentu dalam kehidupan ini, kadang kita dihadapkan pada suasana yang tidak menyenangkan yang membuat kita kehilangan harapan.

4. Ibadah Selalu Membuat Orang Bahagia

Bagi sebagian orang, ibadah hanya ditujukan untuk menjalankan kewajiban. Kita jarang berpikir bahwa ibadah yang dilakukan sebenarnya selalu bermuara pada kebahagiaan. Kebahagiaan ini merupakan hal yang sanngat mendasar bagi manusia. Anehnya, kebahagiaan tidak bisa diukur dari sisi pangkat, jabatan, dan harta, meskipun hal itu menjadi pendukung bagi kebahagiaan, tetapi bukan satu-satunya yang mendukung kebahagiaan. Ini menunjukkan bahwa kebahagiaan mutlak sepenuhnya milik semua orang. Di sinilah bentuk keadilan Allah Swt. bagi setiap hamba-Nya.

Sementara itu, kita bisa meraih kebahagiaan dengan media ibadah tersebut, yakni dengan cara menyatukan diri sepenuhnya kepada Allah Swt. dengan hati yang tulus penuh ikhlas, sehingga hati kita terbuka untuk menerima anugerah kebahagiaan dari-Nya. Dalam uasana hati yang bahagia inilah, secara tidak langsung kita berinvestasi kesehatan. Maka, dapat dipastikan betapa banyak orang yang terpuruk dalam suasana hati yang tidak tenang, sehingga ia sangat jauh dari rasa bahagia, yang pada akhirnya menyebabkan ia dirundung berbagai macam penyakit.

5. Ibadah Selalu Membuat Nikmat Ruhani

Kenikmatan ruhani merupakan anugerah yang sangat agung. Jika seseorang dikaruniai kenikmatan ruhani, ia seperti menjalani hidup dalam keadaan sangat “berbunga-bunga”, yang ini merupakan indikasi hati yang selalu dalam bahagia.
Bagi siapa pun, nikmat ruhani merupakan modal yang sangat besar untuk mendapatkan kesehatan. Sebab, dalam jiwa yang selalu mendapatkan kenikmatan ruhani, semua organ berjalan dengan baik, dan secara otomatis kesehatan yang sesungguhnya akan kita dapatkan.

6. Dijauhkan dari Penyakit Hati

Sebagaimana disinggung pada bab sebelumnya, penyakit hati merupakan awal terjangkitnya penyakit jasmani. Maka, dalam diri seseorang yang dipenuhi penyakit batin atau hati, dapat berpengaruh pada pola pikir, perasaan, dan lainnya, sehingga fungsi organ tubuh tidak bekerja secara maksimal. Dalam kondisi semacam ini, seseorang selalu dihinggapi berbagai macam penyakit yang berasal dari penyakit hati ini.

Jadi, ibadah yang kita lakukan dapat membuat kita sedikit demi sedikit dijauhkan dari penyakit hati yang selalu membendung sampainya rahmat dari Allah Swt. jika rahmat-Nya selalu meliputi kehidupan, kita bisa menjadi manusia yang sangat beruntung menjalani hidup sehari-hari. Inilah pondasi yang mampu menyebabkan kita mendapatkan kesehatan yang sesungguhnya.

Demikian sekelumit tentang Sehat dengan Terapi Spiritual semoga bermanfaat. Amiin.

Sumber: https://www.dutadakwah.co.id/doa-sholat-dhuha-niat-dan-tata-caranya/