Disdik Jabar Peringati Hari Sumpah Pemuda

Disdik Jabar Peringati Hari Sumpah Pemuda

Disdik Jabar Peringati Hari Sumpah Pemuda

Disdik Jabar Peringati Hari Sumpah Pemuda
Disdik Jabar Peringati Hari Sumpah Pemuda

Hari ini, Senin, 29 Oktober 2018, Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar) menggelar

upacara bendera sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 di halaman Kantor Disdik Jabar, Jalan Dr. Radjiman, Kota Bandung. Sekretaris Dinas Pendidikan Jawa Barat, Firman Adam menjadi pembina upacara yang diikuti oleh seluruh pegawai dan melibatkan siswa SMA/SMK sebagai pengibar bendera.

Firman membacakan Pidato Peringatan Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018 yang disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi. Dalam pidatonya ia menyampaikan, tema yag diambil tahun ini adalah “Bangun Pemuda Satukan Indonesia.” Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan, untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Generasi muda yang berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Firman.

Firman mengatakan pesatnya perkembangan teknologi informasi dapat diibaratkan

seperti dua mata pisau. Satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi, sehingga memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengebangan sumber daya serta daya saing. Sedangkan, pada sisi lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif dengan informasi-informasi yang bersifat destruktif. Seperti, hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas, hingga radikalisme dan terorisme.

“Kami berharap pada Hari Sumpah Pemuda Tahun 2018 ini menjadi sebuah tonggak peringatan untuk bangkitnya para pemuda-pemudi. Sekarang, mereka akan dihadapkan pada revolusi industri 4.0. Tentu akan dibutuhkan pemuda-pemudi yang memiliki kreativitas tinggi, inovasi, dan mampu berkolaborasi untuk membangun bangsa ini,” ujar Firman saat ditemui seusai upacara pagi.

Firman juga mengatakan penting pula menerapkan revolusi mental kepada para remaja

saat ini. Hal tersebut dapat mewujudkan pemuda yang maju dan memiliki karakter. Sebagai pemuda saat ini harus sanggup membuka pandangan ke luar agar menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

“Selamat Hari Sumpah Pemuda Tahun 2018. mari kita wujudkan pemuda-pemudi yang maju. Ciri pemuda yang maju adalah yang berkarakter, berkapasitas, dan berdaya saing. Dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat,” ujar Firman.***

 

Sumber :

https://miralaonline.net/segitiga-bermuda/