Akibat Cemas pada Diri Anda

Akibat Cemas pada Diri Anda

Akibat Cemas pada Diri Anda

 Akibat Cemas pada Diri Anda
Akibat Cemas pada Diri Anda

Kecemasan menghantui sebagian besar manusia yang hidup di muka bumi ini. Grafik menunjukkan bahwa kematian karena bunuh diri semakin jauh meninggalkan angka kematian yang disebabkan oleh penyakit-penyakit pembunuh yang lain seperti kanker, dan sebagainya. Mengapa? Jawabannya adalah : “Kecemasan!”

Jika hidup kita selalu diliputi dengan kecemasan, hati kita merasa resah dan gelisah, nafsu makan berkurang, pikiran kacau, dan itu membuat kita sangat tidak sehat. Oleh karena itu bebaskanlah diri kita dari rasa cemas yang diam-diam dapat membunuh kita.  Dr. Alexis Carrel pernah berkata : “Pengusaha yang tidak tahu bagaimana melawan rasa cemas, akan mati muda.”  Oleh karena itu, sadarkan diri sendiri akan harga yang terlalu tinggi yang harus kita bayar untuk rasa cemas yang akan merusak kesehatan kita. Ingatlah perkataan Dr. Alexis Carrel.

Hilangkan rasa cemas dalam diri kita, karena rasa cemas tersebut akan membunuh kita perlahan-lahan tanpa kita sadari!

Bagaimana Menganalisa dan Memecahkan Persoalan-Persoalan yang Mencemaskan

Formula istimewa dari Willis Carrier yang telah di paparkan pada Bab II belum mampu mengatasi semua kecemasan. Kita harus memperlengkapi diri kita untuk menghadapi berbagai macam kecemasan yang berbeda-beda jenisnya, dengan memperoleh tiga dasar dari analisa persoalan. Ketiga langkah tersebut adalah :

  1. Temukan faktanya. Mengapa begitu penting untuk menemukan fakta-faktanya? Sebab apabila kita tak dapat menemukan fakta-fakta itu tak mungkin kita dapat berusaha untuk mengatasi persoalan kita dengan baik. Tanpa fakta, apa yang bias kita lakukan hanyalah mengambang dalam keragu-raguan.
  2. Analisa fakta itu. Setelah menemukan fakta-faktanya, analisa fakta itu, apa yang harus kita lakukan, dampak apa saja yang akan kita dapatkan, dan apa yang akan kita hasilkan.
  3. Ambil keputusan, dan bertindaklah berdasarkan keputusan itu. Setelah menemukan faktanya, kemudian menganalisa fakta tersebut, segeralah ambil keputusan, dan bertindaklah berdasarkan keputusan itu, apapun keputusan kita, bertindaklah seperti itu!

William James pernah menyarankan agar sekali anda mengambil keputusan yang telah dipertimbangkan masak-masak lewat fakta-fakta yang ada, maka bertindaklah! Jangan menoleh ke belakang, jangan mulai ragu-ragu, khawatir atau meneliti kembali langkah-langkah anda. Maju terus dan hadapi persoalannya dengan tenang!

Setiap orang memiliki persoalan yang berbeda-beda yang sangat mencemaskan hatinya, cara untuk menyelesaikan masalah tersebut dan menghilangkan rasa cemas tersebut yaitu dengan mengikuti ke 3 langkah di atas! Tulislah pertanyaan pada secarik kertas, dan jawab dengan jujur! Pertanyaannya itu misalnya dengan bertanya pada diri kita sendiri, apa yang saya cemaskan? Apa yang harus saya lakukan? Inilah yang akan saya kerjakan! Dan kapan saya akan mulai melakukannya?