Fungsi Seni Lengkap

Fungsi Seni Lengkap

Fungsi Seni Lengkap

Fungsi Seni Lengkap
Fungsi Seni Lengkap

1. Fungsi seni Keagamaan

Karya seni sebagai pesan relegi atau keagamaan salah contohnya yaitu seni kaligrafi, busana muslim dan muslimah serta lagu-lagu rohani. Seni juga sering digunakan dalam program keagamaan menyerupai program upacara kelahiran, ijab kabul dan lainnya.

2. Fungsi dalam Pendidikan

Seni yaitu ialah sebagai media pendidikan dan sanggup dilihat dalam musik, contohnya Ansambel lantaran di dalamnya terdapat kolaborasi atau angklung dan gemelang pun terdapat nilai pendidikan lantaran kesenian di dalamnya terdapat nilai sosial, kolaborasi dan disiplin. Karya seni yang sering digunakan untuk pelajaran/pendidikan menyerupai gambar illustrasi buku pelajaran, film ilmiyah, lagu-lagu anak dan lainnya.

3. Seni bekerja sebagaimana mestinya sebagai Komunikasi

Seni sanggup digunakan sebagai alat komunikasi menyerupai Koreksian sosial, gagasan, kebijakan, memperkenalkan produk kepada masyarakat. Ketiruananya itu sanggup terlihat dalam pagelarang wayang kulit, wayang orang dan seni teater ataupun poster, drama lelucon dan reklame

4. Seni bekerja sebagaimana mestinya sebagai Rekreasi

Seni yang berfungsi sebagai masukana melepas kejenuhan atau mengurangi kesedihan yang khusus pertunjukan untuk berekspresi ataupun hiburan.

5. Fungsi Artisitik

Seni yang berfungsi sebagai media ekspresi seniman dalam menyajikan karyanya tidak untuk hal yang komersial, seperti: musik kontanporer, tari kontenporer, dan seni rupa kontenporer. (seni pertunjukkan yang tidak bisa dinikmati pendengar/pengunjung, spesialuntuk bisa dinikmati oleh para seniman dan komunitasnya)

6. Fungsi Guna (seni terapan)

Karya seni yang dibentuk tanpa memperhitungkan kegunaannya, kecuali sebagai media ekspresi (karya seni murni) ataupun dalam proses penciptaan mempertimbangkan aspek kegunaannya, seperti: perlengkapan/peralatan rumah tangga yang berasal dari gerabah ataupun rotan.

7. Fungsi Kesehatan

Seni sebagai fungsi untuk kesehatan, menyerupai pengobatan penderita gangguan physic ataupun medis distimulasi melalui terapi musik (disesuaikan dengan latar belakang pasien). terbukti usik sudah terbukti musik sudah terbukti bisa digunakan untuk menyembuhkan penyandang autisme, gangguan psikologis stress berat pada suatu keajaiban dsb. Pada tahun 1999 Siegel menyatakan bahwa musik klasik menghasilkan gelombang alfa yang menangkan sanggup merangsang sistemlimbic jarikan neuron otak dan gamelang Gregorian sanggup mempertajam pikiran.

8. Fungsi pemenuhan kebutuhan emosional

Disarai bahwa dalam diri insan dibekali dengan watak yang dikenal dengan sifat emosional, yang di dalam sifat tersebut banyak macam ragam yang timbul yang disebabkan oleh pengalaman. Pengalaman atau tragedi yang dirasakan sangat mempengaruhi sisi emosional insan atau perasaannya, baik persaan itu yaitu perasaan duka disaat menghadapi suatu kegagalan,perasaan lelah dan letih dikala selesai melaksanakan aktivitas, perasaan besar hati dikala mendapat impian dan harapannya dan masih banyak lagi yang lain. Ketiruananya iyu dirasakan oleh insan dikarenakan dalam dirinya ada dorongan emosional yang ialah situasi kejiwaan. disamping adanya dorongan dari dalam, juga insan perlu dorongan dari luar untuk memuaskan kebutuhannya dengan melaksanakan refresh, apakah dengan menonton di bioskop, mendengarkan musik dan perasaannyamelalui seni, baik seni lukis,tari, sesuai dengan talenta dan kemampuan yang dimiliki. demi untuk memuaskan dirinya.

Baca Juga: