Sumber Dana Bank

Sumber Dana Bank

Sumber Dana Bank

Sumber Dana Bank
Sumber Dana Bank

Pengertian Sumber Dana Bank adalah Usaha Bank dalam memperoleh dana dalam rangka membiayai biaya kegiatan oprasionalnya. Untuk menopang kegiatan Bank sebagai peminjam dana, Bank harus lebih dulu menghimpun uang sehingga dari selisih bunga tersebutlah Bank memperoleh keuntungan.

Jenis-jenis sumber dana:

  • Dana yang berasal dari bank itu sendiri : modal sendiri,cadangan bank(laba tahun lalu),laba bank yang belum dibagikan.
  • Dana yang bersal dari masyarakat luas : simpanan tabungan,rekening giro,deposito.
  • Dana yang berasal dari lembaga lain : kredit likuiditas dari bank Indonesia,pinjaman antar bank,bank-bank luar negeri dan surat berharga pasar uang

Alokasi Dana Bank

alokasi dana : menjual kembali dana yang diperoleh dari penghimpunan dana dalam bentu simpana. Wujud dari pengalokasian dana adalah kredit atau asset yang dianggap menguntungkan bank.

Pedoman Penyusunan Laporan Keuangan

 Prinsip akuntansi merupakan himpunan prinsip, prosedur, metoda dan teknik Akuntansi yang mengatur penyusunan laporan keuangan. khususnya yang ditujukan kepada pihak luar, seperti pemegang saham, kreditur. dan pemerintah. Prinsip Akuntansi yang ada di Indonesia dkenal dengan Prinsip Akuntansi Indonesia (PAI) yang dikeluarkan oleh lkatan Akuntan Indonesia (IAI) bagian komite PAI. Prinsip akuntansi ini penting sekali artinya sebagai pedoman sistem penyusunan laporan keuangan yang bermanfaat bagi dunia usaha, khususnya mereka yang berkepentingan dengan laporan keuangan.

Dengan adanya prinsip akuntansi, laporan keuangan yang disusun mempunyai kesatuan bahasa teknik akuntansi yang dapat dimengerti oleh para pemakainya, sehingga tujuan akuntansi keuangan untuk menyampaikan akuntansi kepada pihak luar mencapai sasaran secara tepat.

Sumber : https://www.artstation.com/ahmadali88/blog/RByo/history-of-the-establishment-of-a-palestinian-state