5 Tanda Bahwa Aplikasi yang Ingin Kamu Download Adalah Aplikasi Palsu
Teknologi

5 Tanda Bahwa Aplikasi yang Ingin Kamu Download Adalah Aplikasi Palsu

5 Tanda Bahwa Aplikasi yang Ingin Kamu Download Adalah Aplikasi Palsu

 

5 Tanda Bahwa Aplikasi yang Ingin Kamu Download Adalah Aplikasi Palsu
5 Tanda Bahwa Aplikasi yang Ingin Kamu Download Adalah Aplikasi Palsu

Beberapa waktu lalu saya sempat menulis tentang dampak apa yang akan terjadi pada smartphone jika kamu

mendownload aplikasi palsu. Aplikasi palsu sendiri adalah aplikasi yang nama dan ikonnya menyerupai aplikasi lain, tapi sebenarnya bukan. Beberapa orang tak bertanggung jawab menggunakan cara ini untuk mencuri data-data pengguna dan keuntungan lainnya.

Nah, untuk kamu yang masih bingung dengan aplikasi-aplikasi palsu yang banyak bertebaran di Google Play, biar saya perjelas di aplikasi ini. Cekicrot!
1. Logonya nyaru dengan aplikasi lain

Jika kamu ingin mencari suatu aplikasi, kamu tentu akan mencarinya di kolom pencarian Google Play. Dan salah satu cara terbaik untuk mencari aplikasi yang diinginkan adalah dengan melihat logonya.

Tapi sayangnya, kini banyak sekali aplikasi yang menjiplak logo aplikasi lainnya. Biasanya aplikasi yang dijiplak adalah yang sudah populer. Gambar diatas contohnya. Hindari mendownload aplikasi-aplikasi tersebut.
2. Namanya plesetan dari aplikasi lain

Terkadang ada juga pengembang aplikasi yang ingin numpang tenar dari aplikasi terdahulu yang sudah lebih dulu

dikenal. Salah satunya adalah dengan cara nebeng nama, menggunakan nama yang mirip-mirip atau di plesetkan.

Karenanya, jika kamu ingin mendownload suatu aplikasi, perhatikan dengan betul nama dari aplikasi tersebut. Jangan sampai kamu tertipu. Sama doi sudah di tipu, masa sama aplikasi juga masih bisa ditipu?
3. Jumlah unduhannya sedikit

Tanda berikutnya yang mengindikasikan bahwa suatu aplikasi adalah palsu bisa dilihat dari jumlah downloadnya. Misal kamu ingin mencari aplikasi A yang sudah sangat populer, sudah pasti jumlah downloadnya harusnya banyak.

Tapi jika kamu lihat jumlah downloadnya sedikit, maka coba perhatikan lagi poin nomor 1 dan 2. Bisa jadi aplikasi tersebut bukanlah yang sedang kamu cari.
4. Deskripsi aplikasi tidak jelas

Sebelum memutuskan untuk mendownload suatu aplikasi, sebaiknya baca dulu dengan seksama deskripsi aplikasi tersebut. Jika dari deskripsinya saja sudah tidak jelas, maka kemunginan besar aplikasi tersebut palsu.
5. Review yang jelek dari para pengguna

Selanjutnya kamu juga bisa mengecek komentar dan review dari para pengguna. Jika kebanyakan review nya

menunjukkan angka yang jelek, kamu patut waspada dengan aplikasi tersebut.

Pun dengan komentarnya, jika banyak yang komplain dan tidak suka. Lebih baik urungkan niat kamu untuk mendownload aplikasi tersebut.

Itu dia 5 tanda bahwa aplikasi yang ingin kamu download adalah aplikasi palsu dan berbahaya. Lebih teliti lagi ya dalam mendownload aplikasi.

Baca Juga: