Pendidikan

Absorbsi Kalsium dan Fosfat

Absorbsi Kalsium dan Fosfat

            Kalsium sukar diabsorbsi dari saluran pencernaan karena banyak senyawanya relative kurang larut dan juga karena kation bivalen sukar diabsorpsi dengan baik setiap waktu kecuali bila terdapat kalsium berlebihan dalam diet, kalsium cenderung membentuk senyawa kalsium fosfat yang hamper tidak larut  sehingga sukar diabsorpsi dan dibuang melalui usus untuk disekresikan ke fase.

Vitamin D dan peranannya pada Absorpsi Kalsium

            Vitamin D mempunyai efek kuat dalam meningkatkan absorpsi kalsium dari saluran pencernaan, ia juga mempunyai efek penting pada pengendapan tulang dan reabsorpsi tulang. Akan tetapi vitamin D sendiri bukan merupakan zat aktif yang sebenarnya menyebabkan efek-efek ini, sebagai gantinya vitamin D pertama kali harus diubah melalui serangkaiaan reaksi didihidroksikolekalsiferol.

  1. Kelenjar Adrenal

            Adalah dua massa triangular pipih berwarna kuning yang terutama pada jaringan adipose. Organ ini berada di kutup atas ginjal. Hormon yang dihasilkan adalah

(a)    Hormonn medular, yang disekresi oleh sel-sel kromatin medulla adrenal untuk merespon stimulus preganglion simpatis. Hormone ini antara lain katekolamin, epineprin.

Secara umum fungsi hormone ini adaah untuk mempersiapkan tubuh terhadap aktivitas fisik yayng merespon stress,kegembiraan,cedera, latihan dan penurunan kadar gula darah.

(b)   Hormon kortikal adrenal, kelenjar adrenal terletak pada kutub superior kedua ginjal, masing-masing terdiri atas dua bagian,medulla adrenal I dan korteks. Medulla adrenal secara fungsional berhubungan dengan susunan saraf simpatis dan ia mensekresi hormone Efinefrin dan norefinefrin akibat rangsangan simpatis.

Zat-zat  tadi disekresikan dibawah pengendalian sistem persarafan simpatis. Sekresinya bertambah dalam keadaan emosi, seperti marah dan takut, serta dalam keadaan asfiksia dan kelaparan. Pengeluaran yang bertambah itu menaikkan tekanan darah guna melawan shok yang disebabkan kegentingan ini.

Noradrenalin menaikkan tekanan darah dengan jalan merangsang serabut otot didalam dinding pembuluh darah untuk berkontraksi. Adrenalin membantu metabolisme karbohidrat dengan jalan menambah pengeluaran glukosa dari hati.

Beberapa hormon terpenting yang disekresikan korteks adrenal adalah hidrokortison, aldosteron, dang kortikosteron, yang semuanya bertalian erat dengan metabolisme pertumbuhan, fungsi ginjal, dan tonus oto. Semua fungsi ini menentukan jalan hidup.

Shadow Saga : Reborn Apk Mod v1.9.9 for android