Aplikasi Android Simulasi Ujian Tes Masuk CPNS 2019 dan Bank Soal
Teknologi

Aplikasi Android Simulasi Ujian Tes Masuk CPNS 2019

Aplikasi Android Simulasi Ujian Tes Masuk CPNS 2019

 

Aplikasi Android Simulasi Ujian Tes Masuk CPNS 2019 dan Bank Soal
Aplikasi Android Simulasi Ujian Tes Masuk CPNS 2019 dan Bank Soal

Pemerintah akan membuka pendaftaran CPNS 2019 pada bulan November mendatang. Di Play Store, tersedia beragam aplikasi Android untuk simulasi ujian tes masuk CPNS 2019 beserta bank soal. Mana yang laik diinstal?

Tirto saat menelusuri kata kunci “CPNS” di Play Store, tersedia puluhan aplikasi CPNS 2019, yang menawarkan fitur nyaris sama: simulasi tes masuk, pernyataan dan jawaban, termasuk bank soal.

Dari puluhan itu, ada beberapa aplikasi CPNS 2019 yang memiliki jumlah angka instalasi mencapai 500 ribu kali. Aplikasi-aplikasi itu juga diulas hingga ribuan pengguna. Berikut 4 di antaranya:

1. BANK SOAL 2019 TES CPNS ASN PPPK CAT TPA TERBARU

Aplikasi ini per 18 Oktober 2019 telah diinstal lebih dari 500 ribu kali. Soal rating, aplikasi ini menerima 4,4 bintang dari lebih dari 3.500 pengguna. Apa yang ditawarkan?

Mengutip diskripsi aplikasi itu di Play Store, ada 6 keunggulan yang ditawarkan, yakni sebagai berikut:

Fitur SARAN untuk meningkatkan pemenuhan kebutuhan user
Aplikasi offline atau dapat dijalankan tanpa koneksi internet
Aplikasi sangat ringan, tidak membebani RAM
Teknologi terbaru, anti lambat
Tampilan baru, lebih ringan dan menarik
Soal-soal paling update, paling banyak, dan paling lengkap

Adapun soal-soal dalam bank soal di aplikasi ini mencakup Tes Kompetensi Dasar (TKD) atau Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Tes Potensi Akademik (TPA) atau Tes Intelejensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan, Computer Assisted Test (CAT), dan Tes Karakteristik Pribadi.

Meski demikian, aplikasi ini bukannya tanpa kekurangan, seperti yang dikeluhkan oleh Sandra Gumilar berikut:

“Sebenernya udah bagus…. Tapi sayang banyak yang salah Baik dari pilihan jawaban nya ataupun dari soalnya itu sendiri…. Saya menjawab jawaban yang benar tapi disalahkan, sedangkan jawaban dr aplikasinya sama dengan yang saya pilih di pilihan nya…. . Dan ada beberapa lagi kesalahan yg lainnya,” tulisnya di kolom ulasan pada 26 September 2019.

Baca juga: CPNS Mulai Oktober 2019, BKPSDM Komering Ulu Usulkan 55 Formasi

2. CAT CPNS TERBARU 2019

Seturut diskripsi, aplikasi ini berisi materi dan contoh soal CAT CPNS, Tes Wawasan Kebangaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Kompetnsi Dasar (TKD), serta tips dan trik mengerjakan CAT (Computer Assisted Test).

Di Play Store, aplikasi ini telah diinstal lebih dari 500 ribu kali dan menerima rata-rata rating 4,4 bintang dari 4.330 pengguna. Namun, seperti sebelumnya, pengguna juga merespons soal celah di aplikasi ini, seperti temuan Titania Arsad, berikut:

“Aplikasi makin baguss, cuman masih ada beberapa yg salah pasal2 nya seperti macam dan harga mata uang harusnya di pasal 23B tapi jawabannya malah pasal 23C, terus masih ngebug masa baru jawab 1x udah gabisa next,” tulisnya di kolom ulasan pada 13 September 2019.

3. Simulasi CAT CPNS 2019

Aplikasi ini menerima rata-rata rating 4,4 bintang dari 1.870 pengguna. Di Play Store, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 50 ribu kali. Namun, soal kunci jawaban dipersoalkan salah satu pengguna, seperti temuan Wildan berikut:

“Mohon kunci jawabannya di cek ulang,,,, krn ada jawaban sya yg slah saat latihan soal, trs sya coba mencocokkan dengan referensi lain ternyata jawaban sya sdh betul,” tulisnya di kolom ulasan pada 16 Oktober 2019.

Terkait fitur, aplikasi ini menawarkan 100 soal yang dibagi dalam beberapa kategori, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dengan waktu pengerjaan 90 menit.

Menariknya, setelah soal-soal itu selesai dikerjakan, akan muncul nilai secara otomatis. Aplikasi ini dilengkapi pula dengan kunci jawaban beserta pembahasannya. Adapun simulasi CAT CPNS di aplikasi ini bisa diulang-ulang yang dilengkapi pula dengan soal-soal penunjang sampai 5 paket.

4. CAT CPNS 2019 (Materi & Simulasi)

Aplikasi ini menyajikan soal-soal Tes Kompetensi Dasar (TKD) atau Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Tes Potensi Akademik (TPA) atau Tes Intelejensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan, Computer Assisted Test (CAT), dan Tes Karakteristik Pribadi.

Pengembang aplikasi ini mengklaim bahwa aplikasinya memiliki soal-soal paling update, paling banyak, dan paling lengkap. Selain itu, aplikasi tes CPNS 2019 ini punya fitur unggulan, salah satunya dapat dijalankan tanpa koneksi internet.

Di Play Store, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 100 ribu kali sebagai bukti popularitasnya. Terkait rating, aplikasi ini rata-rata menerima 4,5 bintang dari 902 pengguna. Namun, ada kritik pedas dari salah satu pemakainya, seperti yang disampaikan oleh Nia Ruchiyat berikut:

“tolong di koreksi min jwabannya, jngn copy paste dri apl lain. semua isinya sma kya apl lain n tdk ad pembenahan.. tolong jwbn jngn menyesatkan para pejuang nip. mohon di benahi,” tulisnya di kolom ulasan pada 15 Juni 2019.

Baca juga: Kenali SSCASN BKN GO ID, Portal Resmi Pendaftaran CPNS 2019

Tips Lolos CPNS 2019

Selain melakukan simulasi uji coba dengan memanfaatkan beberapa aplikasi di atas, ada tips untuk lolos CPNS 2019, sebagaimana diutarakan Herianto, dosen muda Politeknik Negeri Pontianak yang merupakan lulusan CPNS 2018 lalu.

“Tips atau trik untuk lulus CPNS antara peserta atau individu yang ikut tentu berbeda-beda. Namun, ada gambaran umum yang perlu dikuasai. Hal ini yang biasa saya sampaikan saat jadi pembicara beberapa waktu lalu dalam pelatihan CPNS. Tentu, apa yang saya sampaikan berdasarkan pengalaman dan informasi lainnya yang saya dapat dan dibuktikan di lapangan,” ujarnya di Pontianak pada 9 Oktober 2019, sebagaimana dikutip dari Antara.

Herianto menyebutkan, dalam mengisi tes diperlukan ketepatan dan kecepatan. Hal itu dilakukan agar mencapai ambang batas yang ditentukan.

“Untuk menjawab soal tes, bukan hanya tepat yang diperhatikan namun kecepatan juga karena ada waktu pengerjaan soal. Jawaban harus benar dan sesuai waktu,” tutur dia.

Untuk mengerjakan soal TIU, lanjutnya, setiap calon yang ikut CPNS harus sering latihan karena metode yang dipelajari banyak. Dari soal tes yang ada polanya hampir mirip.

“Jadi peserta memang dituntut untuk latihan dan baca serta amati pola pertanyaan dan jawaban dari soal

sebelumnya atau prediksi soal yang ada. Dari soal tes yang ada polanya hampir mirip,” kata dia.

Baca juga: Tips Lolos CPNS 2019: Yang Perlu Dipelajari Untuk Tes TIU, TWK, TKP

Sedangkan untuk TWK harus menguasai makna Pancasila dan Undang-undang serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Untuk TWK itu, peserta harus banyak baca. Pahami garis besar soal makna Pancasila, UU dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari,” kata dia.

Untuk tes TKP, peserta harus mengubah pola pikir bahwa posisinya atau memposisikan selaku ASN yang harus dituntut berintegritas, profesional dan mengutamakan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi.

“Untuk proses tes, kita harus tulus, sabar dan pintar, terus berusaha. Untuk strategi tentu punya masing-masing cara. Namun, secara umum harus pahami materi tes,” kata dia.

Berdasar rilis BKN, penerimaan CPNS 2019 akan membuka lowongan formasi sebanyak 197.117 di instansi

pemerintah pusat maupun daerah. Rinciannya, penerimaan CPNS 2019 membuka 37.854 formasi di 74 kementerian atau lembaga. Sementara jumlah lowongan di 467 pemerintah daerah (pemda) adalah sebanyak 159.257 formasi.

Dari segi kategori, ada dua jenis formasi yang dibuka dalam rekrutmen CPNS 2019, yakni umum dan khusus.

 

Sumber:

https://movistarnext.com/dr-fone-apk/