Pendidikan

Asas-asas Tata Negara

Asas-asas Tata Negara

Dengan berkembangnya kepentingan dari pemerintah pusat, maka untuk kebaikan dan kelancaran serta efektifitas dari Pemerintah maka diadakan pelimpahan kewenangan-kewenangan pada instansi di daerah-daerah yang jauh dari Pemerintahan Pusat, yaitu berupa asas dekonsentrasi, asas desentralisasi dan asas medebewind atau tugas bantauan. Hal tersebut merupakan tugas dari pemerintah berdasar sendi wilayah yang berarti membagi wilayah Negara dalam beberapa daerah kemudian menerapkan sendi-sendi seperti asas desentralisasi dan asas dekonsentrasi. Selain dari dua asas tersebut, pemerintah juga menggunakan tugas bantuan untuk memperlancar tugas pemerintah didaerah daerah tersebut.

1. Asas Dekonsentrasi

Asas Dekonsentrasi adalah suatu pelimpahan atau tugas dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah atau kepala wilayah. Hal ini tgercantum dalam UU pasal 1 No. 5 tahun 1974. Adapun ciri ciri dari asas dekonsentrasi adalah sebagai berikut:
a. Bentuk pemencaran adalah pelimpahan
b. Pemancaran terjadi kepada pejabat sendiri (perseorangan)
c. Yang di pencar (bukan urusan pemerintah) tetapi wewenang untuk melaksanakan sesuatu.
d. Yang dilimpahkan tidak menjadi urusan rumah tangga.
Dari hal diatas, tidak semua urusan pemerintah dapat diserahkan kepada kepala pemerintah menurut asas desetralisasi ini merupakan salah satu yang membedakan antara asas desentralisai dengan asas dekonsentrasi. Menurut asas dekonsentrasi, segala urusan yang dilimpahkan kepada kepala pemerintah daerah atau pejabat didaerah tetap menjadi tanggung jawab dari pemerintah pusat yang meliputi:
a. Kebijaksanaan
b. Perencanaa
c. Pelaksanaan
d. Pembiyasan
e. Perangkat pelaksanaan
sumbber :