Pendidikan

Audit Supervisor

Audit Supervisor/Manager

  1. Menelaah dan mengedit konsep management letter, mengusulkan perbaikan-perbaikan yang diperlukan kepada senior auditor.
  2. Menyerahkan konsep management letter yang sudah diperbaiki, kepada audit partner untuk ditelaah.
  3. Setelah ditelaah audit partner dan diperbaiki (jika ada saran perbaikan dari audit partner), mendiskusikan konsep management letter tersebut dengan manajemen perusahaan.
  4. Memerintahkan konsep terakhir management letter untuk difinalisasi.
  1. Audit Partner :
  2. Menelaah dan mengedit konsep management letter yang diterima dari audit manager dan mendiskusikannya dengan audit manager dan (jika perlu) dengan audit senior.
  3. Mengembalikan konsep tersebut berikut saran-saran perbaikan (jika ada) kepada audit manager.
  4. Menelaah kembali konsep yang sudah diperbaiki, kemudian meminta audit manager untuk mendiskusikannya dengan manajemen perusahaan.
  5. Membahas dengan audit manager, hasil diskusi konsep management letter yang telah dilakukan oleh audit manager dengan manajemen perusahaan.
  6. Menandatangani management letter yang final untuk dikirimkan kepada manajemen perusahaan.

Dari pembahasan-pembahasan di atas dapat ditarik beberapa kesimpulan :

  1. Management letter merupakan suatu alat komunikasi antara kantor akuntan publik dengan manajemen perusahaan yang diaudit, mengenai pengendalian intern dan kelemahan-kelemahan yang terdapat dalam pengendalian intern perusahaan.
  2. Management letter merupakan dokumentasi tertulis mengenai kelemahan pengendalian intern yang pernah dibicarakan dan disarankan perbaikannya kepada klien. Sehingga jika di kemudian hari terjadi kecurangan yang merugikan perusahaan karena kelemahan pengendalian intern yang belum diperbaiki, akuntan publik tidak bisa disalahkan.
  3. Management letter bermanfaat baik bagi perusahaan yang diaudit, kantor akuntan publik maupun staf kantor akuntan publik.
  4. Management letter dapat merupakan “iklan tidak langsung” bagi kantor akuntan publik.
  5. Semua kantor akuntan publik harus membiasakan diri untuk memberikan management letter yang baik dan bermanfaat bagi kliennya.

sumber :

https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/seva-mobil-bekas/