BAGIAN MIKROSKOP DAN FUNGSINYA
Pendidikan

BAGIAN MIKROSKOP DAN FUNGSINYA

BAGIAN MIKROSKOP DAN FUNGSINYA

BAGIAN MIKROSKOP DAN FUNGSINYA

Berikut Bagian dan Fungsi Mikroskop :

1. LENSA OBJEKTIF

Penampatan pada lensa ini bisa anda perhatikan yaitu berada dekat dengan objek yang akan diteliti. Dalam pembuatan mikroskop sendiri biasanya terdapat sebanyak 3 buah lensa berjenis objektif yang diletakan pada alat ini. Dengan adanya lensa objektif, perbesaran yang dibutuhkan untuk melihat objek kecil menjadi lebih fleksibel. Ukuran perbesaran yang diberikan pada lensa adalah 10,40, dan 100 kali.

Baiknya ketika akan menggunakan lensa objektif, sebaiknya pada lensa objektif ini dioleskan minyak berjenis emersi pada objek. Ini banyak dan sering digunakan untuk mendukung agar kejelasan pada objek lebih baik dan dapat sebagai pelumas yang baik. Manfaat lainnya adalah agar menjaga lensa agar tetap berfungsi dengan baik dan perbesaran menjadi lebih jelas ketika benda dilihat.

2. LENSA OKULER

Ada juga jenis lensa yang lainnya yaitu lensa Okuler yang bisa anda perhatikan saat pertama mengarahkan mata ke mikroskop. Tentunya fungsi lensa ini juga cukup penting, terutama karena bermanfaat dalam memperbesar kembali bayangan yang ada dari lensa objektif sebelumnya. Perbesaran yang dimiliki oleh lensa Okuler biasanya sebesar 6, 10, dan 12 kali.

3. DIAFRAGMA

Bagian Diafragma juga berada pada alat Mikroskop, fungsinya adalah sebagai bagian yang mengatur jumlah cahaya yang masuk pada mikroskop atau yang diperlukan. Tentunya cahaya yang ada perlu diatur agar penggunaan pada mikroskop menjadi tidak membuat mata sakit. Jika tidak ada diafragma, maka pandangan anda ketika menggunakan mikroskop menjadi cukup terganggu.

4. KONDENSOR

Jika diafragma mengatur, maka kondensor membantu dalam mengumpulkan cahaya yang masuk pada mikroskop. Ketika cahaya sudah terkumpul cukup dan akan dibutuhkan, maka cahaya yang ada akan dipantulkan dengan bantuan cermin menuju pada objek. Kondensor sendiri pada saat digunakan bisa anda atur, cara diputar ke kanan dan kiri atau bisa juga dinaikan dan diturunkan sesuai kebutuhan.

5. CERMIN

Bagian ini sudah disinggun oleh kondensor, yang utama dari bagian ini adalah mengarahkan cahaya dengan memantulkannya oleh alat ini. Jika tidak ada alat ini tentunya akan membuat pemantulan cahaya menjadi kurang maksimal.

6. REFLEKTOR MIKROSKOP

Cermin berjenis cekung dan cembung adalah jenis cermin reflektor yang ada pada mikroskop. Dari namanya, manfaat dari reflektor sendiri membantu memantulkan cahaya dari cermin yang diterima menuju meja objek. Pemantulan ini lewat lubang yang pada meja objek tadi, kemudian akan diteruskan menuju ke mata pengguna.

Cermin cekung berguna dalam membantu mengumpulkan cahaya yang ada untuk digunakan. Sebenarnya, cermin cekung baru berguna ketika jumlah cahaya yang dibutuhkan tidak tersedia dengan baik untuk pengamatan. Pada penggunaannya, cermin datar digunakan pada saat cahaya yang dibutuhkan dalam keadaan tersedia secara baik.

7. MEJA MIKROSKOP

Untuk bagian ini sudah pasti digunakan sebagai tempat untuk meletakan objek yang akan diteliti. Ukuran meja ini biasanya menyesuaikan besar mikroskop dan harus dalam kondisi yang cukup bersih agar membantu objek lebih mudah diteliti.

8. PENJEPIT KACA MIKROSKOP

Ketika meletakan objek sendiri tentunya tidak akan langsung berada pada meja mikroskop. Biasanya akan ditaruh pada kaca yang berbahan tipis dan bening, kaca itu membutuhkan penjepit yang ada agar tidak goyah dan bergeser ketika objek akan diteliti. Jika tidak ada bagian ini tentunya pada saat meneliti menggunakan mikroskop pengguna akan mendapat gangguan.

9. REVOLVER MIKROSKOP

Salah satu bagian yang terdengar seperti bagian dari senjata api ini merupakan bagian yang cukup penting. Bagian ini yang bertugas berupa mengatur perbesaran yang ada pada mikroskop, sehingga ukuran pandangan pada objek bergantung dalam revolver ini. Menggunakan bagian ini, anda cukup memutar ke arah kanan atau kiri menyesuaikan jenis lensa yang dibutuhkan.

10. LENGAN MIKROSKOP

Untuk lengan mikroskop tentunya beguna sebagai bagian yang anda pegang pada saat melakukan penelitian. Tentunya jika tidak ada lengan in, anda akan mendapatkan kesulitan dalam menggunakan alat ini.

11. TABUNG MIKROSKOP

Tabung ini berada pada penyambung bagian mata melihat obejk, fungsinya adalah sebagai membantu mengatur fokus lensa saat digunakan. Tentunya karena bentuknya seperti penyambung, fungsinya juga sebagai penyambung lensa okuler dan objektif pada saat mikroskop digunakan. Jika tabung ini tidak ada, maka akan sulit dalam mengatur pandangan mata kepada objek yang ada.

12. MAKROMETER

Makrometer atau yang biasanya disebut pemutar kasar berguna untuk menaikan atau menurunkan tabung mikroskop agar mendapatkan pandangan yang baik. Hal ini dilakukan dengan cepat dan tepat agar mendapatkan bentuk bayangan yang akan digunakan.

13. MIKROMETER

Jika tadi makrometer pemutar kasar, maka mikrometer adalah pemutar halus yang berguna menaikan dan menurunkan tabung, namun dengan kecepatan yang lebih lambat. Hal ini agar ketepatan dalam lensa membuat pandangan pada objek menjadi lebih baik.

14. KAKI MIKROSKOP

Bagian ini tentunya berada pada bawah mikroskop, fungsinya adalah menopang agar mikroskop bisa digunakan dan berdiri tegak. Bisa anda bayangkan jika tidak ada bagian ini, maka anda akan kesulitan dalam menggunakan mikroskop ini. Selain itu kaki ini juga bagian yang biasa dipegang selain pada lengan agar lebih mudah dipindahkan.


Sumber: https://mansionpromo.co.id/feist-apk/