Batasan Khiyar
Agama

Batasan Khiyar

Batasan Khiyar

Batasan Khiyar
Batasan Khiyar

Batasan lamanya khiyar

Ada beberapa pendapat mengenai batasan lamanya khiyar, diantaranya adalah:
a. Menurut Abu Hanifah dan Imam Syafi’I, batasan khiyar paling lama adalah tiga hari dan tidak boleh lebih dari itu.
b. Menurut Imam Malik, lama atau tidaknya khiyar tergantung adanya kebutuhan dan tingkat nilai barang, barang-barang yang kurang berharga boleh tidak sampai sehari, sedangkan barang yang sangat berharga bisa lebih dari tiga hari.
c. Menurut Imam Ahmad dan Abu Yusuf, panjang maupun pendeknya khiyar tergantung kesepkatan antara penjual dengan pembeli.

Implementasi Khiyar

Dalam undang-undang no. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dijelaskan bahwa, konsumen berhak untuk memilih dan mendapatkan kompensasi atau ganti rugi, atau penggantian apabila barang atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau sebagaimana mestinya. Begitu pula dengan sebaliknya pedagang atau pelaku usaha dalam undang-undang ini ditegaskan bahwa pelaku usaha mempunyai kewajiban untuk memberikan kompensasi, ganti rugi, dan penggantian apabila barang atau jasa yang diterima atau dimanfaatkan tidak sesuai dengan perjanjian.

Tapi peraturan pemerintah ini tidak berlaku sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pedagang yang enggan melayani konsumen yang complain dan banyak kita temukan diberbagai toko-toko tulisan “barang yang sudah dibeli tidak bisa lagi dikembalikan”. Memang masih ada kita temukan dipasar, tapi hanya sedikit, tergantung pemahaman pedagang, dan ilmu yang ada padanya.

Baca Juga: