Contoh Paragraf Deduktif
Pendidikan

Contoh Paragraf Deduktif

Contoh Paragraf Deduktif

Contoh Paragraf Deduktif
Contoh Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif atau deduksi adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf. Jenis paragraf ini sering digunakan dalam mengembangkan suatu ide pokok atau topik suatu masalah. Paragraf ini juga sering digunakan dalam penulisan berita, khususnya berita dengan model straight news.

Berikut 10 contoh paragraf deduktif.

1.     Cecak mempunyai perlindungan diri yang unik. Ia mampu mengelabui musuhnya dengan cara memutuskan ekornya. Kemampuan ini disebut autotomi. Pemangsa akan mengira ekor yang putus adalah tubuh cecak sehingga cecak dengan leluasa melarikan diri.

2.     Rendra adalah anak yang rajin. Setiap hari ia bangun pukul 04.00. Ia selalu salat berjemaah di masjid. Ia tidak pernah terlambat ke sekolah.

3.    Harimau sumatera kini semakin langka. Banyak orang yang memburunya. Mereka mengincar kulit harimau untuk dijual kepada perajin kulit. Apalagi kini, habitat hewan tersebut semakin lama semakin menyempit karena penebangan hutan dan pertambangan.

4.     Jahe mempunyai banyak manfaat. Tanaman ini sering dijadikan bumbu dapur. Selain itu, jahe sering dijadikan minuman penghangat tubuh. Jahe dapat ditanam di pekarangan rumah sebagai apotek hidup.

5.      Kucing adalah hewan  yang sangat lucu. Tingkahnya membuat banyak orang tertawa. Terkadang kucing menari-nari ketika mengajak seseorang untuk bermain. Akan akan semakin lucu, jika hewan tersebut tidur dengan lelap di sofa.

6.      Bunglon merupakan salah satu hewan yang unik. Ia mampu beradaptasi di lingkungannya dengan cara mimikri. Bunglon dapat mengubah warna kulit sesuai warna benda di sekitarnya agar dapat mengelabui binatang pemangsa. Jika bunglon dekat dengan dedaunan hijau maka dia akan berubah warna kulit menjadi hijau.

7.     Cara membuat es degan sirup cukup mudah. Ambil air dari buah kelapa muda, kemudian belahlah untuk diambil daging buahnya. Campurkan daging buah dengan air kelapa yang sudah diambil tadi. Tambahkan gula dan sirup secukupnya. Aduk rata dan jangan lupa tambahkan es batu agar rasanya tambah menyegarkan.

8.     Kelapa adalah buah yang sangat bermanfaat. Buahnya bisa untuk bahan minuman yang menyegarkan. Batangnya bisa digunakan sebagai bahan bangunan. Akarnya sangat kokoh untuk menahan abrasi dan erosi. Daunnya untuk pembungkus makanan.

9.     Demam batu akik yang tengah mewabah di kalangan masyarakat memiliki dampak positif maupun dampak negatif. Dampak positifnya tidak lain adalah menjadi sumber mata pencaharian baru bagi masyarakat-masyarakat sekitar, namun dibelakang itu orang-orang yang tidak bertanggung jawab merusak batuan alam dengan sewenang-wenang.

10.    Sudah beberapa hari ini air PDAM di rumah kami sering kotor dan berbau. Akibatnya, kami menjadi sering menguras bak mandi dan penampungan air. Kami sungguh bingung bila tidak ada air bersih di rumah kami. Apalagi muncul berita bahwa PDAM akan menaikkan tarif air. Tolong jangan sampai tarif air dinaikkan jika pelayanannya masih kacau.

Sumber : https://balikpapanstore.id/money-lover-apk/