Pendidikan

Contoh Sistem Informasi Manajemen

Contoh Sistem Informasi Manajemen

Berbagai contoh sistem informasi manajemen yang dapat kita ketahui adalah sebagai berikut :

  1. Enterprise Resource Planning (ERP)

Sistem ERP pada Sistem Informasi Manajemen sering digunakan oleh perusahaan besar untuk mengelola manajemen dan melakukan pengawasan yang terintegrasi terhadap unit bidang keuangan, akuntansi, SDM, pemasaran, operasional dan pengelolaan persediaan.

  1. Supply Chain Management (SCM)

SCM menyediakan data yang terintegrasi terkait manajemen suplai bahan baku dari pemasok, produsen, pengecer hingga konsumen akhir.

  1. Transaction Processing System (TPS)

TPS ini berguna untuk proses data dalam jumlah yang besar dengan transaksi bisnis yang rutin. Program ini biasa diaplikasikan untuk manajemen gaji dan inventaris. Contohnya adalah aplikasi yang digunakan untuk Bantuan Keuangan Desa Pemprov Jawa Timur.

  1. Office Automation System (OAS)

OAS sebagai contoh sistem informasi manajemen berguna untuk melancarkan komunikasi antar departemen dalam perusahaan. Proses yang dilakukan dengan cara mengintegrasikan server-server komputer pada setiap user di perusahaan. Contohnya adalah email.

  1. Knowledge Work System (KWS)

Sistem KWS mengintegrasikan pengetahuan baru ke dalam sistem organisasi. Melalui langkah ini diharapkan para ahli di dalam organisasi dapat menerapkan secara cepat ke dalam pekerjaan mereka.

  1. Informatic Management System (IMS)

Sistem informasi manajemen menggunakan sistem IMS berfungsi dalam mendukung spektrum berbagai tugas dalam organisasi. IMS juga dapat digunakan untuk menganalisa dalam pembuatan keputusan. Sistem ini dapat menyatukan berbagai fungsi informasi melalui program komputerisasi seperti e-procurement.

sumber :