Pendidikan

Ekonomi Manajerial

Ekonomi Manajerial

Ekonomi Manajerial adalah aplikasi teori ekonomi dan perangkat analisis ilmu keputusan untuk membahas bagaimana suatu organisasi dapat mencapai tujuan atau maksudnya dengan cara yang paling efisien. Ekonomi Manajerial berhubungan dengan area fungsional ilmu administrasi bisnis yang meliputi akuntansi, keuangan, pemasaran, manejemen sumber daya manusia, dan produksi.

Keterkaitan Dengan Teori Ekonomi

Suatu organisasi dapat memecahkan masalah keputusan manajemennya dengan menerapakan teori ekonomi dengan perangkat ilmu keputusan. Teori ekonomi mengacu pada teori ekonomi mikro dan ekonomi makro. Ekonomi mikro adalah ilmu yang mempelajari timgkah laku ekonomis secara individual sebagai unit pengambil keputusan, seperti konsumen individu, pemilik sumber daya, dan perusahaan bisnis, didalam sistem perdagangan bebas. Ekonomi makro adalah ilmu yang membahas tentang ouput, pendapatan, pekerjaan, konsumsi, investasi, dan harga secara total atau agregat di perekonomian dilihat secara keseluruhan.

Pengaruh bisnis online terhadap perekonomian indonesia

Sebagai sektor perekonomian baru di indonesia memberikan dampak yang luar biasa terhadap pola pikir masyarakat yang masih tradisional. Dan bisnis ini merupakan salah satu sektor yang dirasa mampu untuk melakukan perekonomian indonesia tersebut. Perkembangan bisnis yang mengandalkan internet ini kini cukup pesat dan memberikan dampak positif bagi bisnis yang baru. Karena dalam bisnis ini tidak memerlukan dana yang besar, serta tempat visit untuk membuat usaha.

Sehingga dengan modal terbatas pun seorang pebisnis dapat tetap memulai usahanya. Tak perlu repot untuk pergi ke kantor, karena kita bisa melakukan bisnis ini dimana pun dengan menggunakan komputer yang terhubung ke internet. Dengan kemudahan tersebut secara tak langsung memberikan perekonomian indonesia lewat terbukanya beragam peluang usaha yang dapat dilakukan oleh pebisnis lokal sekali pun.

                                                

Keterkaitan dengan fungsional ilmu administrasi bisnis

Area fungsional bisnis menyangkut : akuntasi, keuangan, pemasaran, manajemen sumberdaya manusia atau personalia, dan produksi, merupakan disiplin ilmu yang mempelajari lingkungan bisnis dimana perusahaan beroprasi, diharapkan dapat menyediakan latar belakang bagi keputusan manajerial. Jadi ekonomi manajerial merupakan suatu studi yang ruang lingkupnya luas yang menggabungkan teori ekonomi, ilmu pengambilan keputusan, dan area fungsional ilmu administrasi bisnis.

Proses yang terkait dengan semua pengambilan keputusan manajerial terdiri dari 5 tahap :

  1. Menetapkan tujuan perusahaan atau organisasi.
  2. Mendefinisikan permasalahan yang dihadapi perusahaan atau organisasi dalam usaha mencapai tujuan tersebut.
  3. Mengidentifikasikan berbagai solusi-solusi.
  4. Memilih solusi terbaik dari solusi yang tersedia.
  5. Mengimplementasikan keputusan.

Sasaran dan nilai perusahaan

Pada dasarnya sasaran yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan adalah memaksimumkan laba sekarang atau dalam jangka pendek. Namun demikian ada kalanya perusahaan rela mengorbankan atau melepaskan laba jangka pendeknya untuk meningkatkan laba dalam jangka panjang. Jika laba perusahaan sama dengan nilai perusahaan maka secara singkat dapat dikatakan bahwa tujuan perusahaan adalah mamaksimumkan nilai perusahaan.

Nilai perusahaan adalah nilai sekarang atau aliran kas suatu perusahaan yang diharapkan akan diterima pada masa yang akan datang. Nilai sekarang dari seluruh laba yang diharapkan pada masa yang akan datang.

Sumber :

https://lakonlokal.id/samsung-galaxy-note-8-diprediksi-tersedia-pertengahan-september/