Pendidikan

FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN PERTUMBUHAN EKONOMI

FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN PERTUMBUHAN EKONOMI

  1. Adanya investasi atau penanaman modal

Modal akan mendorong proses produksi. Semakin banyak modal yang di tanam maka makin banyak pula barang dan jasa yang dihasilkan dalam perekonomian.

  1. Sumber Daya Manusia (Tenaga kerja) yang berkualitas

Tenaga kerja yang berkualitas adalah tenaga kerja yang memiliki etos kerja yang tinggi inovatif dan kreatif.

  1. Sumber Daya Alam

Sumber daya alam menyediakan bahan baku yang cukup untuk proses produksi baik yang bersifat hayati maupun nonhayati.

  1. Teknologi

Pengembangan dan penggunaan teknologi akan mempermudah dan meningkatkan produksi.

  1. Efisiensi

Penggunaan faktor-faktor produksi secara efisien akan memaksimalkan hasil yang dicapai. Karena tidak adanya efisiensi maka akan terjadi pemborosan di berbagai bidang.

  1. Pertumbuhan penduduk

Peningkatan penduduk pada waktu jangka panjang akan meningkatkan jumlah angkatan kerja tergantung pada kemampuan sistem ekonomi tersebut untuk menyerap dan memperkerjakan tambahan pekerja itu secara produktif.

  1. CONTOH KASUS PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA
  2.  Gempuran produk dan jasa dari luar

Poin pertama ini berhubungan dengan perdagangan bebas yang mulai dilakukan oleh banyak negara termasuk negara kita. Mudahnya produk dan jasa dari luar untuk keluar masuk ke negara kita, telah menjadi ancaman tersendiri bagi produsen dalam negeri.

  1. Kurangnya dukungan pengadaan barang dan jasa

Masalah pertumbuhan ekonomi berikutnya di negara berkembang, berhubungan dengan dukungan terhadap pengusaha baru. Banyak pengusaha yang curhat seperti ini, “Bagaimana bisa berkembang coba, belum-belum udah “dipalak” sana-sini dengan alasan kontribusi, keamanan, dan uang kerjasama!” Ya, dilema memang. Di satu sisi, kita disuruh untuk kreatif dengan menciptakan banyak lapangan kerja. Namun di sisi lain, pungutan liar masih ada di mana-mana. Ibarat sebuah kondisi kita sedang berada di dalam sumur. Ketika kita ingin keluar dari sumur yang gelap tersebut, dan ingin merasakan hangatnya sinar matahari, kaki kita ditarik oleh orang-orang yang juga sama-sama berada di dalam sumur.

sumber ;

https://nashatakram.net/layanan-otomotif-seva-id/