GAYA KEPEMIMPINAN DELEGATIF
Pendidikan

GAYA KEPEMIMPINAN DELEGATIF

GAYA KEPEMIMPINAN DELEGATIF

GAYA KEPEMIMPINAN DELEGATIF

Gaya kepemimpinan delegatif ini disebut juga dengan Laissez Faire. Pemimpin memberikan kekuasaan sepenuhnya kepada para karyawan atau anggota organisasinya untuk mengambil keputusan. Para karyawan juga diperkenankan untuk mencapai tujuan sesuai dengan cara mereka masing-masing.

Pemimpin dengan gaya delegatif ini cenderung mengizinkan siapa saja dalam kelompok anak buahnya untuk mengambil keputusan. Namun, sifat ini cenderung merugikan karena semangat kerja tim akan menjadi rendah. Pertikaian antar anggota pun bisa dengan mudah terjadi karena semua orang bisa berupaya untuk memaksakan idenya dipakai oleh tim.

GAYA KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL

Transaksional berarti terdapat imbal balik antara karyawan dengan pimpinannya. Umumnya, pemimpin dengan gaya transaksional ini akan cenderung memberikan reward atau hadiah kepada siapa saja bawahannya yang mampu melaksanakan tugas dengan baik. Lingkungan kerja yang dibentuk ini sarat akan kepentingan masing-masing.

Pemimpin dan bawahan memiliki tujuannya masing-masing. Pemimpin memiliki tujuan agar target perusahaan tercapai, sedangkan bawahan memiliki tujuan untuk mendapatkan reward yang telah dijanjikan sebelumnya oleh pemimpin. Gaya kepemimpinan ini jika diterapkan dengan tepat bisa memacu semangat dan prestasi kerja karyawan. Karena saat tujuan tercapai, karyawanpun akan diuntungkan


Sumber: https://cooldesktopbackgroundsx.com/mcqueen-apk/