Perikanan

Habitat dan Tingkah Laku

Habitat dan Tingkah Laku

Ikan kerapu macan hidup di kawasan terumbu karang yang terdapat di perairan-perairan dangkal hingga 100 m dibawah permukaan air laut. Selain perairan yang berkarang, tempat tenggelamnya kapal menjadi rumpon yang nyaman bagi ikan kerapu. Ikan tersebut akan berdiam dalam lubang-lubang karang atau rumpon dengan aktifitas yang relatif rendah.

daerah penyebaran kerapu macan meliputi Afrika Timur sampai dengan pasifik barat daya. Di Indonesia kerapu macan banyak ditemukan di perairan pulau Sumatra, Jawa, Sulawesi, Buru, dan Ambon. Salah satu indikator adanya kerapu ini adalah wilayah karang yang bentangannya cukup luas.

Indonesia memiliki perairan karang yang cukup luas, sehingga potensi sumber daya dan pengembangan kerapu macan sangat besar. Ikan kerapu ini hidup di perairan karang pantai dengan kedalaman 0,5 – 3 m, setelah menginjak dewasa (burayak) berpindah ke perairan yang  lebih dalam  yakni kedalaman 7 – 40 m, biasanya perpindahan ini terjadi pada siang dan sore hari.

Kebiasaan Makan

Ikan kerapu termasuk ikan karnivora yang buas dan rakus, hidup menyendiri atau kelompok-kelompok kecil pada perairan terumbu karang dan beberapa di daerah estuaria serta menyukai naungan sebagai tempat bersembunyi. Pada stadia larva sampai juvenil, makanannya adalah zooplankton dari jenis Rotifer, Acaria, naupli Artemia, Copepode dan jenis lainnya, sedangkan dari stadia juvenil sampai fingerling  adalah udang jambret, udang rebon, ikan-ikan kecil dan jenis Crustacea  lainnya. Selanjutnya ikan-ikan muda dan dewasa, jenis makanan yang disukai adalah ikan, udang dan cumi-cumi yang berukuran 10-25% ukuran tubuhnya. Ikan kerapu mencari makan dengan jalan menyergap mangsanya dari tempat persembunyian dan setelah itu kembali lagi

Ikan kerapu mempunyai kebiasaan makan pada pagi hari sebelum matahari terbit dan menjelang matahari terbenam. Di alam kerapu mencari makan sambil berenang diantara batu-batu karang, lubang atau celah-celah batu yang merupakan tempat persembunyiannya. Kerapu tidak pernah mau mengambil atau mengkonsumsi pakan yang diberikan apabila sudah sampai ke dasar, meskipun kerapu dalam keadaan lapar. Biasanya kerapu berdiam di dasar dan tidak akan menyergap pakan yang diberikan jika mereka sudah kenyang

https://movistarnext.com/