JENIS-JENIS MIKROSKOP
Pendidikan

JENIS-JENIS MIKROSKOP

JENIS-JENIS MIKROSKOP

JENIS-JENIS MIKROSKOP

Setelah fungsi dan bagian yang ada, perlu anda ketahui juga berbagai jenis mikroskop yang ada saat ini. Jenis yang ada ini adalah perkembangan yang terjadi dalam teknologi yang digunakan pada saat mikroskop dibentuk. Pembagian dalam jenisnya berasal dari cara kerja, yaitu mikroskop dari cahaya dan mikroskop elektron yang banyak digunakan saat ini.

• MIKROSKOP CAHAYA

Untuk jenis pertama, sumber cahaya yang dimiliki dari mikroskop cahaya adalah berasal dari cahaya yang ada disekitar lingkungan. Mekanisme kerja dari mikroskop ini yaitu menggunakan cahaya sekitar yang akan dipantulkan dengan menggunakan cermin. Selain menggunakan cermin, teknologi lainnya yang berkembang adalah mikroskop dengan bantuan cahaya lampu yang menggunakan bantuan listrik.

• MIKROSKOP ELEKTRON

Tentunya dalam perbedaan dari alat mikroskop cahaya adalah sumber energi yang digunakan pada saat mikroskop digunakan. Pada mikroskop ini berkas elektron terletak pada bagian atas mikroskop sebagai sumber energi yang dibutuhkan. Proses yang terjadi adalah berkas elektron akan memfokuskan pada objek lensa pembalik yang ditujukan menuju layar dengan perbesaran berjuta kali.

Penggunaan pada mikroskop jenis ini memang cukup banyak untuk kebutuhan yang lebih tinggi dan penting. Biasanya untuk penilitan para profesor dan peneliti yang berada pada laboratorium khusus lebih membutuhkan mikroskop jenis ini dari jenis cahaya. Jenis mikroskop yang ada yaitu SEM (Scanning Electron Microscope) dan TEM ( Transmission Electron Microscope).


Sumber: https://muliasmartdetox.co.id/2020/04/24/root-call-blocker-pro-apk/