Kuliner,Pendidikan

Kelompok pekerja sementara

Kelompok pekerja sementara

Kelompok pekerja sementara (temporer) adalah sejumlah tenaga kerja yang diperkerjakan dan diupah menurut keperluan, dengan memperhitungkan jumlah jam atau hari kerja. Salah satu diantaranya adalah dengan sistem kontrak, yang akan diakhiri jika masa kontrak selesai.

  1. Promosi dan pemindahan

Rekrutmen yang paling banyak dilakukan adalah promosi untuk mengisi bersifat horizontal.Kekosongan pada jabatan yang lebih tinggi yang diambil dari pekerja yang jabatanya lebih rendah. Disamping itu terdapat pula kegiatannya dalam bentuk memindahkan pekerja dari satu jabatan ke jabatan yang lain yang sama jenjangnya. Dengan kata lain promosi bersifat vertikal, sedang pemindahan.

  • Keuntungan Sumber Internal

o   Lowongan cepat terisi

o   Penyesuaian diri cepat

o   Meningkatkan semangat kerja pegawai

o   Menumbuhkan komitmen

o   Menekan biaya proses rekrutmen

o   Mengurangi biaya orientasi dan pelatihan.

  • Kelemahan Sumber Internal

o   Menghambat Gagasan Baru

o   Dapat menimbulkan konflik bila penempatan salah

o   Karakter yang tidak baik akan tetap terbawa

o   Adanya kemungkinan promosi karyawan melebihi kapabilitas, dan

o    Menghambat kreatifitas dan inovasi.

  • Metode Rekrutmen

o   Job Posting Program : Menginformasikan kepada karyawan mengenai lowongan jabatan dan kualifikasi jabatannya.

o   Buyback : Mengambil kembali karyawan yang telah keluar dengan menawarkan posisi yang baru.

2)      Sumber Eksternal

Rekrutmen ekstenal adalah proses mendapatkan tenaga kerja dari pasar tenaga kerja di luar organisasi atau perusahaan. Perusahaan tidak selalu bisa mendapatkan semua karyawan yang mereka butuhkan dari staf yang ada sekarang, dan terkadang mereka juga tidak ingin.

Sumber rekrutmen eksternal meliputi individu-individu yang saat ini bukan merupakan anggota organisasi.Manfaat terbesar rekrutmen eksternal adalah bahwa jumlah pelamar yang lebih banyak dapat direkrut.Hal ini tentunya mengarah kepada kelompok pelamar yang lebih besar dan kompeten daripada yang normalnya dapat direkrut secara internal. Pelamar dari luar tentu membawa ide, teknik kerja, metode produksi, atau pelatihan yang baru ke dalam organisasi yang nantinya akan menghasilkan wawasan baru kedalam profitabilitas. Setiap organisasi atau perusahaan secara periodik memerlukan tenaga kerja dari pasar tenaga kerja diluar organisasi atau perusahaan.Pasar tenaga kerja merupakan sumber tenaga kerja yang sangat bervariasi. Beberapa bentuknya adalah (Nawawi,2000:178)

Sumber :

https://synthesisters.com/google-assistant-kini-bisa-bantu-putar-spotify/