Perikanan

 Klasifikasi Bahaya

 Klasifikasi Bahaya

Bahaya adalah suatu bahan yang kemungkinan dalam keadaan tertentu dapat mengakibatkan kerugian pada makhluk hidup. (Bird, Jr. germain, 1990).

Dalam proses pencegahan kecelakaan di tempat kerja perlu sekali dianalisa mengenai potensi bahaya dan factor bahaya yang ada di tempat kerja bahkan merupakan hal yang sangat penting untuk memperkirakan pula tindakan pencegahannya. Adapun bahaya di tempat kerja di klasifikasikan oleh Bird, Jr. Germain, 1990 sebagai berikut :

  1. a)Bahaya kelas A

Bahaya kelas A adalah suatu keadaan atau tindakan yang dapat menyebabkan terjadinya cidera tetap, meninggal, atau kehilangan bagian anggota badan dan atau kerugian besar terhadap asset perusahaan baik berupa peralatan, gedung dan material.

  1. b)Bahaya kelas B

Bahaya kelas B adalah keadaan atau tindakan yang dapat menyebabkan terjadinya cidera atau sakit yang bersifat sementara, atau kerusakan harta benda yang kurang parah disbanding kelas A.

  1. c)Bahaya Kelas C

Bahaya kelas C adalah keadaan atau tindakan yang dapat menyebabkan terjadinya cidera ringan atau sakit ringan atau kerusakan harta benda yang skalanya lebih kecil dari pada kelas B dan dapat ditanggulangi dengan segera karena tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak.

  1. Penggolongan Kecelakaan Kerja

Dari adanya bahaya yang terbagi berdasarkan klasifikasinya bahaya tersebut dapat mengakibatkan kecelakaan kerja di suatu perusahaan. Adapun penggolongan kecelakaan kerja berdasarkan kejadiannya (Anton, 1989) adalah sebagai berikut :

  1. a)Struck by

Kecelakaan ini disebabkan karena pekerja secara tidak terduga tertabrak oleh suatu benda yang bergerak. Misalnya tertabrak oleh kendaraan (fork lift), terkena pukulan palu atau adanya potongan benda asing atau material yang masuk ke mata.

  1. b)Struck against

Kecelakaan ini dikarenakan pekerja yang sedang bergerak menabrak sebuah benda. Contohnya seperti terkena ujung yang tajam dari sebuah benda, membentur pipa panas, berjalan atau berlari menuju kendaraan yang sedang bergerak atau berjalan atau berlari menabrak orang atau pekerja lain.

sumber

https://reflejosocial.com/king-of-shooter-apk/