Pendidikan

 Komunikasi Antarpribadi

 Komunikasi Antarpribadi

            Didefinisikan oleh A. Devito sebagai: ‘Proses pengeriman dan penerimaan pesan-pesan antara dua orang atau di antara sekelompok kecil orang-orang, dengan beberapa efek dan beberapa umpan balik seketika”. Berdasarkan definisi tersebut komunikasi antarpribadi dapat berlangsung antara dua orang yang memang sedang berdua-duaan seperti suami istri  yang sedang bercakap-cakap.

  1. Komunikasi Kelompok

Onong Uchjana membagi kelompok menjadi dua, yaitu:

  1. Komunikasi Kelompok Kecil, adalah komunikasi yang prosesnya berlangsung secara dialogis, komunikator menunjukkan pesannya pada benak atau pikiran komunikan, dalam hal ini logika berperan penting. Komunikan akan dapat menilai logis tidaknya uraian komunikator. Prosesnya tidak liniear, melainkan sirkular. Umpan balik terjadi secara verbal. Komunikan dapat menanggapi uraian komunikator.
  2. Komunikasi Kelompok Besar, adalah komunikasi yang ditujukan kepada reaksi komunikan. Prosesnya liniear, pesan yang disampaikan komunikator ditujukan afeksi komunikan, pada hatinya atau perasaannya.
  1. Komunikasi Publik

            Komunikasi publik biasa disebut komunikasi pidato, komunikasi kolektif, komunikasi retorika, public speaking dan komunikasi khalayak (audience communication).

Dalam komunikasi publik, penyampaian pesan berlangsung secara kontinu karena waktu yang digunakan sangat terbatas dan jumlah khalayak relatif besar. Sumber sering tidak dapat mengidentifikasi satu per satu pendengarnya. Tipe komunikasi publik biasanya ditemui dalam berbagai aktivitas seperti kuliah umum, khotbah, rapat akbar, pengarahan, ceramah dll.

  1. Komunikasi Organisasi

            Organisasi merupakan satu kumpulan atau sistem individual yang melalui satu hierarki jenjang dan pembagian kerja, berupaya mencapai tujuan yang ditetapkan. Dalam suatu komunikasi organisasi mensyaratkan adanya suatu jenjang jabatan ataupun kedudukan. Di samping itu, dalam organisasi juga mensyaratkan adanya pembagian kerja, dalam arti setiap orang dalam sebuah institusi baik yang komersial maupun sosial, memiliki satu bidang pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.

Komunikasi organisasi secara sederhana, yaitu komunikasi antarmanusia (human communication) yang terjadi dalam konteks organisasi.

sumber :

https://rakyatlampung.co.id/seva-mobil-bekas/