Pendidikan

Komunikasi Massa

Komunikasi Massa

            Komunikasi merupakan salah satu unsur utama dalam segala kegiatan kehidupan manusia, baik secara pribadi maupun kelompok. Konsep komunikasi massa pada satu sisi mengandung pengertian suatu proses di mana organisasi media memproduksi dan menyebarkan pesan kepada publik secara luas dan pada sisi lain merupakan proses di mana pesan tersebut dicari, digunakan, dan dikonsumsi oleh audience.

Sebagai sarana komunikasi massa, media massa dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu, media cetak (surat kabar, majalah, tabloid, dll).

Komunikasi massa didefinisikan sebagai penggunaan teknologi yang dapat mendesiminasikan pesan secara luas, sangat beragam, tersebar luas kepada para penerima.

BAB 2

TEORI KOMUNIKASI: SEBUAH LANDASAN FILOSOFIS

  1. KOMUNIKASI SEBAGAI ILMU

            Kajian teori komunikasi tergolong relatif baru dalam ilmu komunikasi sebagai ilmu pengetahuan, yakni sekitar awal abad ke-20 sejak diperkenalkannya ilmu pers oleh Max Weber. Teori komunikasi dalam ilmu komunikasi merupakan ilmu yang relatif muda usia dilihat dari sisi kemunculannya dibandingkan dengan ilmu sosial lainnya, walaupun sebenarnya praktik-praktik teori komunikasi sudah berlangsung sejak zaman Romawi, yakni saat pertama kali terbitnya koran dinding Acta Diurna (tindakan-tindakan harian) 2000 tahun yang lalu di Roma.

            Pada dasarnya teori komunikasi mengajarkan kepada manusia bagaimana cara bertindak dan berperilaku sesuai dengan norma-norma kebudayaan melalui teknik-teknik pengemasan pesan secara persuasif sesuai dengan teori komunikasi yang tepat.

            Komunikasi merupakan salah satu proses sosial yang sangat mendasar dan vital dalam kehidupan manusia, mendasar karena setiap orang dalam kehidupannya selalu berkeinginan untuk mempertahankan suatu persetujuan mengenai berbagai aturan sosial melalui komunikasi.

sumber :