MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Pendidikan

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Sumber daya manusia kini dinilai

sebagai aset yang sangat bernilai dan juga dapat dilipat gandakan, dikembangkan jika dibandingkan dengan portofolio-portofolio investasi dan tidak akan terlihat sebagai sebaliknya atau liability (beban,cost). Di lihat dari perspektif ini SDM adalah sebagai investasi bagi institusi atau organisasi yang lebih mengemuka. Tentu ini akan sangat diperhitungkan keberadaannya.

Dilihat dari pengertiannya sumber daya manusia sendiri telah terbagi kedalam dua bagian yaitu pengertian mikro dan juga makro. Adapun pengertian SDM dilihat secara mikro adalah individu yang dapat bekerja dan menjadi anggota/member suatu perusahaan ataupun institusi dan memang biasa disebut sebagai pegawai, buruh, karyawan, tenaga kerja, pekerja dan lain sebagainya.

Sedangkan pengertian SDM jika dilihat dari sisi makro, SDM merupakan penduduk suatu negara yang telah memasuki sebuah usia dalam angkatan kerja, dikenal baik yang belum bekerja ataupun memang yang sudah bekerja dalam sebuah perusahaan baik itu nasional atau multi nasional. Memang secara garis besar mengartikan sebuah individu-individu yang bekerja sebagai penggerak organisasi.

Sumber daya manusia memiliki fungsi sebagai aset yang harus terus menerus dilatih dan juga dikembangkan kemampuannya. Fungsi dari pelatihan ini sendiri memang agar sumber daya manusia itu sendiri memahami bagaimana sebuah aktivitas yang akan diembannya dan juga untuk tujuan keesokan harinya. Sebuah sumber daya manusia tentunya akan menerima pelatihan khusus.

Manajemen sumber daya manusia atau biasa disingkat MSDM merupakan sebuah ilmu atau cara bagaimana dalam mengatur sebuah hubungan dan juga peranan sumber daya atau tenaga kerja yang memang dimiliki oleh masing-masing individu secara sangat efisien dan juga efektif serta juga bisa digunakan secara sangat-sangat maksimal untuk mencapai tujuan atau goal dari perusahaan.

Selain perusahaan tentunya tujuan dari karyawan dan masyarakat menjadi sangat maksimal. MSDM juga memang di dasari pada sebuah konsep bahwa pada tiap-tiap karyawan adalah manusia bukannya mesin dan juga bukan hanya menjadi sumber daya bisnis.Kajian-Kajian MSDM tersebut juga menggabungkan beberapa bidang ilmu misalnya psikologi, sosiologi, dan lain sebagainya.


Baca Juga :