Manfaat Tadarus Al-Quran
Umum

Manfaat Tadarus Al-Quran

Manfaat Tadarus Al-QuranManfaat Tadarus Al-Quran

Kegiatan tadarus Al-Qur’an diharapkan dapat mengambil manfaat dari keutamaan-keutamaan bagi yang membaca maupun yang mendengarkannya. Berikut adalah beberapa manfaat Tadarus Al-Qur’an baik yang membaca maupun mendengarkan.

Manfaat Tadarus Al-Quran

Memperoleh kebaikan di sisi Allah SWT

Setiap muslim yang beriman pasti memiliki keinginan untuk menjadi hamba yang terbaik disisi Allah nanti. Dan posisi itu bisa diraih oleh seorang muslim dengan jalan mengisi kehidupannya dengan lantunan-lantunan Ayat-ayat suci Allah SWT.

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah ra, dia berkata: Rasulullah saw bersabda yang artinya:
“Orang yang membaca Al-Quran sedangkan dia mahir melakukannya, kelak mendapat tempat di dalam Surga bersama-sama dengan Rasul-rasul yang mulia lagi baik. Sedangkan orang yang membaca Al-Quran, tetapi dia tidak mahir, membacanya tertegun-tegun dan nampak agak berat lidahnya (belum lancar), dia akan mendapat dua pahala.”

Memperoleh Rezki yang barokah
Senantiasa membaca Al-Quran menjadi sebab Allah menurunkan Rezki yang melimpah serta menjadikan Rezki kita menjadi barokah. Rezki bukan hanya dipandang dari segi ekonomi tetapi juga kesehatan dan kesempatan merupakan Rezki pemberian dari Allah SWT.

Sebagaimana Firman Allah Q.S, Faatir [35]:29 yang artinya
“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rizki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi.”

Memperoleh ketenangan hati dan jiwa
Seseorang yang dalam kesehariannya selalu mengingat Allah baik mengucapkan takbir, tasbih, istighfar, maupun membaca Al-Quran dapat membuat jiwa bersih yang bisa membuat moral kita baik.

Rasulullah juga bersabdayang artinya :
“Abu Hurairah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda : jika suatu kaum berkumpul dalam majelis (baitullah) untuk membaca kitab Allah dan mempelajarinya, maka pasti turun kepada mereka ketenangan dan diliputi oleh rahmat dan dikerumuni oleh malaikat dan diingati oleh Allah di depan para malaikat yang ada padanya”

Sebagai sumber ilmu
Sumber Ilmu yang paling penting bagi umat Islam adalah Al-Quran. Kecemerlangan tidak dapat dipisahkan dari Al-Quran karena Al-Quran adalah petunjuk. Tanpa petunjuk, manusia akan sesat dan menyimpang.

Allah Berfirman dalam Q.S, Al-Isra’ [17]:9 yang artinya
“Sesungguhnya Al-Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mu’min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar”

Sebagai Syifa dan Rahmah
Allah berfirman dalam Q.S, Al-Isra’ [17]:82 yang artinya
“Dan Kami turunkan dari Al-Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Quran itu tidaklah menambah kepada orang- orang yang zalim selain kerugian.”

“Shifa maksudnya adalah (Al-Quran adalah penawar) yang dapat menghilangkan syak, nifak, penyelewengan, kelemahan, dan penyakit dalam hati. Al-Quran juga adalah rahmat yang dapat menghasilkan iman, hikmah, dan kebahagiaan.”

 

Sumber: https://scorpionchildofficial.com/pt-di-lakukan-uji-terbang-kedua-pesawat-n219/