Pendidikan

Menyusun Management Letter (Surat Pernyataan Manajemen)

Menyusun Management Letter (Surat Pernyataan Manajemen)

Selama melaksanakan audit, auditor mengamati berbagai operasi dan organisasi  bisnis klien. Management Letter berisi rekomendasi-rekomendasi yang tidak disyaratkan untuk dikomunikasikan dengan komite audit.

Rekomendasi tersebut biasanya berkaitan erat dengan usaha peningkatan efisiensi dan efektifitas operasi perusahaan klien. Oleh karena itu, management Letter menunjukan pelayanan yang diberikan auditor agar klien puas. Pelayanan ini menunjukan adanya perhatian auditor terhadap kesejahteraan dan masa depan klien.

Management letter dapat mencakup komentar atas :

  1. Struktur pengendalian intern, yang bukan termasuk reportable condition.
  2. Sumber daya Management seperti kas, persediaan dan investasi.
  3. Masalah perpajakan.

Tanggung Jawab Setelah Audit

Tanggungjawab setelah audit (post audit responsibility) mencakup pertimbangan atas :

o   Peristiwa kemudian yang terjadi antara tanggal dan penerbitan laporan audit.

o   Penemuan fakta yang ada.

o   Penemuan prosedur yang dihilangkan.

 

baca juga :