Peluang Usaha Ternak Bebek
Perternakan

Peluang Usaha Ternak Bebek

Peluang Usaha Ternak Bebek

 

Peluang Usaha Ternak Bebek

Budidaya Bebek Atau Itik Petelur Beternak merupakan usaha yang dikembangkan untuk mendapat keuntungan.Selain diambil telurnya itik juga merupakan unggas penghasil daging.

Sekarang kebutuhan akan telur unggas dan daging itik sangat meningkat dikarenakan minat masyarakat untuk mengkonsumsi telur itik dan daging itik yang mampu mencukupi kebutuhan protein hewani dalam tubuh manusia.
Daging ayam ras dan daging itik hampir sama lezatnya namun meningkatnya minat konsumsi daging itik disebabkan daging itik yang lebih enak dan gurih . Untuk lebih jelasnya , berikut informasi mengenai Cara Ternak Dan Budidaya Bebek Petelur Hasil Fantastis.

 

Penyiapan Bibit Itik Petelur

Menyiapkaan bibit bagi calon peternak, ada tiga cara yang dapat dipilih dalam bibit, yaitu membeli DOD adalah usaha ternak itik petelur dapat dimulai dengan membeli anak itik umur sehari (DOD). Memelihara DOD hingga bertelur membutuhkan waktu yang cukup lama.

Untuk itu, jika ingin memilih cara ini maka pertimbangkan waktu harus benar- benar diperhatikan. Selain itu, risiko kematian DOD lebih besar.

Membeli itik remaja siap bertelur adalah itik dara yang masih membutuhkan beberapa waktu lagi sebelum memulai bertelur. Itik remaja siap bertelur adalah berumur sekitar 5- 6 bulan. Itik remaja siap bertelur tidak berarti ketika dibeli peternak, langsung bisa menghasilkan telur.

 

 

Prosedur Pemeliharaan

Prosedur beternak itik semakin berkembang pesat. Mayoritas sistem beternak itik dengan cara digembalakan sudah digantikan dengan sistem beternak secara semi intensif atau intensif, karena lebih efisien dan menguntungkan.

Namun, sampai saat ini masih ada peternak dibeberapa daerah yang menjalankan usaha peternakannya dengan cara digiring ke sawah.

Berkembangnya sistem intensif di latar belakangi semakin menyempitnya lahan persawahan serta semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap telur dan daging itik. Karena itu, ,peternak dituntut untuk bisa meningkatkan hasil produksi ternak, baik dari segi jumlah maupun mutunya.

 

 

Pemilihan Lokasi Dan Kandang Itik

Lokasi dan lingkungan perkandangan hendaknya terlebih dahulu ditentukan dalam sebelum membuka usaha peternakan. Lokasi yang dipilih dekat pasar, pabrik gilingan padi, jauh dari kebisingan seperti dipegunungan, terlindung pepohonan, dan bambu. Jadi, tempat yang bagus untuk memelihara itik di tempat yang cukup jauh dari suara gaduh dan kendaraan. Selain itu, kandang sebaiknya tidak terlalu dekat dengan tanaman sawah dan pemukiman penduduk.

 

 

Kandang

Kandang sebagian diberi atap, sebagian lagi dibiarkan terbuka dan hanya dibatasi pagar keliling. Bentuk kandang ini sebaiknya untuk pemeliharaan itik dara dan dewasa.Ruang yang tertutup atap dengan ruang yang terbuka perlu diberi pagar pemisah dan pintu yang dapat di buka serta di tutup.

Di dalam bagian beratap, kandang biasanya di sekat-sekat untuk membagi itik berdasarkan kelompok umur. Satu kelompok dapat terdiri dari 100-500 ekor.

Bagian kandang yang beratap di pakai untuk tidur dan bertelur. Itulah sebabnya, pada pembuatan kandang itik, lantai kandang perlu diberi alas sekam, jerami, atau bahan lain yang empuk, tidak mudah padat, hangat, dan dapat mencegah telur pecah.

Bagian kandang yang terbuka merupakan tempat untuk makan, minum. Lantai bagian kandang ini dapat berubah tanah biasa, anyaman bambu, hamparan batu-batu kecil, atau lebih baik berupa plesteran semen. Pada prinsipnya, lantai kandang di bagian kandang yang terbuka harus selalu diupayakan agar tidak becek, mudah dibersihkan dan cepat kering setelah di cuci.

Kandang ren mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya mudah di bersihkan serta membuat itik sehat dan berbadan kuat karena itik dapat berjalan-jalan dan terkena sinar matahari. Akan tetapi, ada satu hal yang perlu diingat, yaitu apabila hujan turun, peternak itik harus segera menggiring itik kekandang yang beratap.

 

 

Pemilihan Pembibitan Ternak Itik

Penggunaan itik petelur yang unggul sangat penting, sebab produksi telur di pengaruhi 30% oleh sifat-sifat genetisnya dan 70% oleh lingkungan pemeliharaan (perkandangan, pakan, dan tata laksana pemeliharaan sehari-hari). Artinya, jika ada salah satu perawatan yang kurang akan berpengaruh terhadap keberhasilan usaha peternakan itik secara keseluruhan.

Terdapat beberapa cara untuk mendapatkan itik petelur, yaitu dengan membibitkan itik petelur sendiri, membeli itik dara, atau membeli itik yang sudah mulai bertelur. Tentu keputusan dari mana mendapatkan itik petelur harus disesuaikan dengan kemampuan modal, pengalaman,maupun pengetahuan teknik beternak yang dimiliki masing-masing calon peternak.

 

 

Pakan Itik

Pakan adalah campuran dari beberapa bahan baku pakan yang di hasilkan dari hasil olahan industri pertanian.

1. Protein
Protein merupakan suatu susunan atau gabungan organis yang kompleks, yang terdiri dari berbagai unsur (karbohidrat, lemak, mineral dan unsur lainnya), sehingga protein sangat di butuhkan oleh itik.adapun kebutuhan itik akan protein antara lain:

1. Itik usia 0-4 minggu membutuhkan protein sebanyak 18-20 %.
2.Itik usia 5-2 minggu (itik dara) membutuhkan protein sebanyak 14-16 %.
3.Itik usia 21 minggu ke atas (sudah bertelur) membutuhkan protein
sebanyak 15-17 %.

 

 

Panen dan Pasca Panen

a) Panen
Hasil utama usaha ternak itik petelur adalah telur itik dan hasil tambah berupa induk apkir, itik jantan sebagai ternak daging dan kotoran ternak sebagai pupuk tanaman.

b) Pasca panen
Kegiatan pasca panen yang biasa di lakukan adalah pengawetan. Dengan pengawetan maka nilai ekonomis telur itik akan lebih lama di banding jika tidak di lakukan pengawetan. Telur yang tidak di
berikan perlakuan pengawetan hanya dapat tahan 14 hari jika disimpan pada temperatur ruangan bahkan akan segera membusuk.

 

 

Sumber : https://anekabudidaya.com/