Pendidikan

 Pengamanan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

 Pengamanan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Sutrisno dan Kusmawan (2006:5) mendefinisikan keamanan kerja adalah unsur – unsur penunjang yang mendukung terciptanya suasana kerja yang aman, baik berupa materil maupun nonmateril.

  1. Unsur – unsur penunjang keamanan yang bersifat material diantaranya sebagai berikut:

1)   Baju Kerja

2)   Helm

3)   Kaca mata

4)   Sarung tangan

5)   Sepatu

  1. Unsur – unsur penunjang keamanan yang bersifat nonmaterial adalah sebagai berikut:

1)   Buku petunjuk penggunaan alat

2)   Rambu – rambu dan isyarat bahaya

3)   Himbauan – himbauan

4)   Petugas keamanan

Menurut Sumakmur (1985:296)  aneka alat – alat perlindungan diri adalah sebagai berikut :

  1. Kaca mata
  2. Sepatu Pengaman
  3. Sarung Tangan
  4. Topi Pengaman
  5. Perlindungan telinga
  6. Perlindungan paru – paru

BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

3.1    Kesimpulan

  1. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah suatu bentuk usaha atau upaya bagi para pekerja untuk memperoleh jaminan atas Keselamatan dan kesehatan Kerja (K3) dalam melakukan pekerjaan yang mana pekerjaan tersebut dapat mengancam dirinya yang berasal dari individu sendiri dan lingkungan kerjanya.
  2. Hal-hal yang dapat menimbulkan kecelakaan didalam kerja disa disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor manusia dan faktor lingkungan sekitar.
  3. Langkah yang dipergunakan dalam prinsip pencegahan kecelakaan kerja: (1) menemukan fakta atau masalah; (2) melakukan analisis terhadap permasalahan; (3) pemilihan atau penetapan alternatif atau pemecahan masalah; (4) Pelaksanaan; (5)Pengawasan.
  4. Dalam proses tanggung jawab terhadap keselamatan kerja, sebuah perusahaan harus melakukan beberapa tahapan terlebih dahulu diantaranya: (1) klasifikasi bahaya; (2) penggolongan kecelakaan kerja; (3) menentukan biaya kecelakaan.
  5. Keamanan kerja adalah unsur – unsur penunjang yang mendukung terciptanya suasana kerja yang aman, baik berupa materil maupun nonmateril.

3.2    Saran

Melihat dari permasalahan-permasalahan diatas alangkah baiknya setiap perusahaan memiliki sebuah bagian pekerjaan yang bertugas pada bagian kesehatan dan keselamatan kerja para pegawai serta mempererat peraturan-peraturan yang harus ditaati para pekerja guna mengurangi kecelakaan yang dapat ditimbulkan dari sebuah pekerjaan.

baca juga :