Pengertian Norma Menurut Para Ahli
Pendidikan

Pengertian Norma Menurut Para Ahli

Pengertian Norma Menurut Para Ahli

Pengertian Norma Menurut Para Ahli

Menurut John J. Macionis ( 1997 )

Pengertian norma menurutnya ialah segala aturan dan harapan masyarakat yang memandu segala perilaku anggota masyarakat.


Menurut Broom Dan Selznic

Pengertian norma menurutnya ialah suatu rancangan yang ideal dari perilaku manusia yang memberikan batasan bagi suatu anggota masyarakatnya untuk mencapai tujuan hidup yang sejahtera.

Menurut Antony Giddens ( 1994 )

Pengertian norma menurutnya ialah sebuah prinsip maupun aturan yang jelas, nyata atau konkret yang harus diperhatikan oleh setiap masyarakat.


Menurut Bellebaum

Pengertian norma menurutnya ialah sebuah alat untuk mengatur setiap individu dalam suatu masyarakat agar bertindak dan berperilaku sesuai dengan sikap dan keyakinan tertentu yang berlaku di masyarakat tersebut.

Menurut E. Utrecht

Pengertian norma menurutnya ialah segala himpunan petunjuk hidup yang mengatur berbagai tata tertib dalam suatu masyarakat atau bangsa yang mana peraturan itu diharuskan untuk ditaati oleh setiap masyarakat, jika melanggar maka akan adanya tindakan dari pemerintah.


Menurut Soerjono Soekanto

Pengertian norma menurutnya ialah sebuah perangkat dimana hal itu dibuat agar hubungan didalam suatu masyarakat dapat berjalan seperti yang diharapkan.

Menurut AA. Nurdiaman

Pengertian norma menurutnya ialah suatu bentuk tatanan hidup yang berisikan aturan-aturan dalam bergaul di masyarakat.


Menurut Marvin E. Shaw

Pengertian norma menurutnya ialah peraturan segala tingkah laku manusia yang ditegakkan oleh anggota masyarakat dan mengekalkannya keselarasan tingah laku yang seharusnya.

Menurut Robert M.Z. Lawang

Pengertian norma menurutnya ialah patokan perilaku dalam suatu kelompok tertentu.


Menurut Richard T. Schaefer & Robert P. Lamn

Pengertian norma menurutnya ialah standar dari perilaku yang lurus yang dipelihara oleh setiap masyarakat.

Menurut Craig Calhoun

Pengertian norma menurutnya ialah aturan atau pedoman yang menyatakan tentang bagaimana seseorang seharusnya bertindak dalam situasi tertentu.

Menurut Isworo Hadi Wiyono

Pengertian norma menurutnya ialah suatu bentuk peraturan atau petunjuk hidup yang memberikan acuan-acuan perbuatan mana yang boleh dijalankan dan perbuatan mana yang harus dihindari.


Baca Juga :