Peran Telematika
Pendidikan

Peran Telematika

Peran Telematika

Peran Telematika
Peran Telematika

Mengoptimalkan proses pembangunan. Telematika memberikan dukungan terhadap manajemen dan pelayanan kepada masyarakat berupa sarana telekomunikasi yang memuahkan masyarakat saling berinteraksi tanpa terhalang jarak. Dengan telematika, proses komunikasi menjadi mudah sehingga mudah pula untuk menyebarkan informasi dari satu daerah ke daerah lain.

  1. Meningkatkan Pendapatan. Produk dan jasa teknologi telematika merupakan komoditas yang memberikan peningkatan pendapatan bagi perseorangan, dunia usaha bahkan negara dalam bentuk devisa hasil ekspor jasa dan produk industri telematika.
  2. Pemersatu bangsa. Teknologi telematika mampu menyatukan bangsa melalui pengembangan sistem informasi yang menghubungkan semua institusi dan area dengan cepat tanpa terhalang jarak daerah masing-masing.
  1. Ragam Bentuk Telematika

         Ragam bentuk yang ada merupakan aplikasi yang sudah berkembang di berbagai sector, dari sector pemerintahan, pendidikan, ekonomi, social dan budaya :

  1. E-goverment

                      E-goverment dihadirkan dengan maksud untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. E-goverment juga dimaksudkan untuk peningkatan interaksi, tidak hanya antara pemerintah dan masyarakat, tetapi juga antar sesama unsur pemerintah dalam lingkup nasional, bahkan intrernasional.

  1. E-commerce

            Prinsip e-commerce tetap pada transaksi jual beli. Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik. Mulai dari memasang iklan pada berbagai situs atau web, membuat pesanan atau kontrak, mentransfer uang, mengirim dokumen, sampai membuat claim.

  1. E-learning

            Globalisasi telah menghasilkan pergeseran dalam dunia pendidikan, dalri pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Di Indonesia sudah berkembang pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (distance learning) dengan media internet berbasis web atau situs.

            Kenyataan tersebut dapat dimungkinkan dengan adanya teknologitelematika, yang dapat menghubungkan guru dengan muridnya, dan mahasiswa dengan dosennya. Melihat nilai secara online, mengecek jadwal kuliah, dan mengirim naskah tugas.Peranan web kampus atau sekolah termasuk cukup sentral dalam kegiatan pembelajaran ini. Selain itu, web bernuansa pendidikan non-institusi, perpustakaan online, dan interaksi dalam grup, juga sangatlah mendukung.

  1. Harapan

            Dengan melihat definsi, fungsi, peran dan ragam bentuk telematika, Harapan saya untuk perkembangan telematika di Indonesia kedepannya ialah :

  1. Pemerintah dapat lebih memperhatikan pembangunan infrastruktur pemerintahannya. Jadi tidak hanya di pusat saja yang lebih berkembang tetapi  keseluruh pelosok negeri agar kesenjangan ICT (Information and Comunication Technology) disetiap daerah dapat teratasi. Contohnya saja peningkatan E-literacy yang merata di setiap daerah E-Literacy bertujuan meningkatkan kesadaran, pemahaman, dan pendayagunaan masyarakat di bidang ICT (Information and Communication Technology) , sehingga SDM kita pun semakin meningkat.
  2. Perbaikan, penerapan dan penegasan UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).sehingga masyarakat merasa aman dengan ada nya perkembangan telematika di Indonesia ini.
  3. Perkembangan telematika sebaiknya dikenalkan dari usia dini, sehingga dapat menciptakan tunas-tunas bangsa yang lebih maju dan dapat bersaing secara global.
  4. Berkembangnya telematika harus di imbangi dengan rasa tanggung jawab dan tidak melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat Indonesia agar tidak merugikan semua pihak sehingga perkembangan telematika tersebut pun dapat dterima dan dinikmati oleh seluruh masyarakat.

Sumber : https://tribunbatam.co.id/zipper-apk/