Pendidikan

Perkembangan Masa Neo Natal (bayi baru lahir)

Perkembangan Masa Neo Natal (bayi baru lahir)

Neonatal berarti baru lahir, sedangkan bayi yang baru lahir disebut sebagai neonatus dalam istilah medis. Periode neonatal merupakan masa tersingkat dari masa yang lainnya, dimana perkembangannya dimulai sejak bayi lahir hingga 2 minggu. Periode ini terbagi atas periode partunate dan periode neonate. Periode partunate bermula dari keluarnya janin dari rahim ibu dan berakhir setelah tali pusarnya dipotong dan diikat, dimana proses ini terjadi selama 15 hingga 30 menit setelah kelahiran bayi. Sampai proses tersebut selesai, bayi masih disebut sebagai pascamatur (lingkungan di luar tubuh ibu).

Sedangkan periode neonate adalah periode setelah tali pusar bayi dipotong dan diikat hingga ia mempunyai kehidupannya sendiri dan tidak disebut lagi sebagai parasit pada ibunya dan bayi juga harus melakukan penyesuaian pada lingkungan barunya di luar tubuh ibunya hingga 2 minggu ke depan. Selain itu juga akan terjadi penyesuaian radikal. Neonatal terkadang disebut sebagai masa terhentinya perkembangan bagi bayi baru berupa penurunan berat badan dan cenderung kurang sehat, juga disebut masa yang berbahaya baik secara fisik maupun psikis, serta pendahuluan dari perkembangan ke kehidupan bayi selanutnya.

Selain itu, bayi baru lahir juga melakukan beberapa penyesuaian terhadap kehidupan barunya, diantaranya adalah penyesuaian terhadap suhu, bernafas yang ditandai sejak tali pusar diputus, mengisap dan menelan, serta pembuangan yang tidak menggunakan tali pusar lagi. Selain penyesuaian, bayi juga memiliki rentan bahaya cukup tinggi, dimana berat badannya terus berkurang, perilakunya yang tidak teratur, bahkan tingginya angka kematian pada bayi di masa pascanatal ini. Dan bayi juga memiliki batasan untuk penyesuaiannya hingga batas waktu yang sudah ada, diantaranya:

baca juga :