Program-Program Konservasi
Pendidikan

Program-Program Konservasi

Program-Program Konservasi

Program-Program Konservasi

  1. a) Program Konservasi Di Dalam Kawasan

Tujuanya utamanya adalah menciptakan suatu system pengelolahan kawasan konservasi yang lebih evesien dan efektif sehingga dapat dirasakan manfaat adanya kawasan konservasi ini oleh masyarakat luas baik langsung atau tdak langsung dan pada akhirnya diharapkan kesadaran ekologis masyarakat dapat ditingkatkan sehingga kehadiran kawasan konservasi dirasakan benar – benar merupakan suatu kebetulan yang luas ada di dalam lingkungan .

  1. b) Program Konservasi Di Luar Kawasan

Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk tetap menjaga kelestarian sumberdaya alam hayati.

  1. c)Program Pengembangan Wisata Alam

Penyelenggaraan Program ini dilaksanakan dengan cara pengembangan Wisata dalam kawasan / di luar kawasan konservasi bagi kepentingan rekreasi dan pariwisata secara alami dalam rangka pendidikan dan mengikutsertakan masyarakat atas kegiatan konservasi .

  1. d) Program Pembinaan Cinta Alam

Pokok Kegiatan yang dilaksanakan ialah peningkatan kesadaran masyarakat atas pentingnya upaya konservasi sumberdaya alam .

  1. e) Program Monitoring Dampak Lingkungan

Penyelenggaran Program ini adalah dalam bentuk pengawasan pembinaan dan bimbingan  pengendalian di bidang lingkungan hidup khususnya yang berkaitan dengan pemanfaatan sumberdaya alam , baik yang berada di dalam kawasan konservasi maupun di luar kawasan konservasi termasuk pemanfaatan setiap jenis sumberdaya alam .

  1. f) Program Pembinaan Dan Pengembangan Unsur Penunjang

Dalam Pelaksanaannya diperlukan suatu sarana penunjang yang seimbang dan memadai , baik yang meliputi dukungan kesempurnaan peraturan perundangan ,maupun organisasi dan manajemennya yang disertai dengan pengembangan personil , kelengkapan sarana dan fasilitas kerja .


Sumber:

https://works.bepress.com/m-lukito/8/