Pendidikan

Psikologi Perkembangan Masa Bayi

Psikologi Perkembangan Masa Bayi

Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran dan jumlah sel serta jaringan interseluler, bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh sebagian atau keseluruan, sehingga dapat di ukur dengan satuan panjang dan berat.

Perkembangan adalah bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa, serta sosialisasi dan kemandirian. Perkembangan juga dapat diartikan sebagai perubahan suatu individu dari satu arah ke arah yang lebih baik atau sempurna, yang dimulai dari proses terbentuknya individu sampai kepada kematian dan proses ini berlangsung secara terus menerus dalam kehidupan makhluk hidup.

Sedangkan pada perkembangan bayi dapat di amati banyak hal, mulai dari proses bayi sebelum atau sesudah bayi itu ada dalam kandungan hingga ia lahir kedunia, ciri – ciri bayi selama di dalam dan di luar kandungan, pertumbuhan fisik, motorik, mental dan sebagainya, serta cara – cara si bayi dalam berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya. Proses – proses tersebut antara lain :

  • Perkembangan Masa Pranatal (kehamilan)
  • Perkembangan Masa Neonatal (Bayi Baru Lahir)
  • Perkembangan Bayi

Setiap Proses memiliki penjelasannya masing – masing yang dapat menguatkan keberadaan proses tersebut dan membantu pembaca untuk mengetahui proses perkembangan bayi tersebut secara lebih lengkap.

sumber :

http://www.unmermadiun.ac.id/sewulan/index.php/2020/06/kinemaster-pro/