Perikanan

Teknik Pemeliharaan Larva Kerapu Cantang Di Bak Terkontrol

Teknik Pemeliharaan Larva Kerapu Cantang Di Bak Terkontrol

Pada tahun 2011 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menetapkan target budidaya sebesar 6.847 juta ton, dan sampai 2014 diharapkan target produksi ikan budidaya berada di posisi 16,8 juta ton, sebagaimana tertulis dalam Rencana Strategis (Renstra KKP 2010-2014). Sejalan dengan target budidaya tersebut Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP memprioritaskan jenis ikan laut, tawar dan payau. Setidaknya ada lima komoditas perikanan budidaya yang dapat didorong atau dipacu pengembangannya yaitu rumput laut, ikan lele, ikan patin, ikan kakap dan ikan kerapu.

Kerapu memiliki banyak jenis antara lain kerapu tikus/bebek, kerapu macan, kerapu sunu, kerapu kertang, kerapu lumpur dan lain-lain. Dari sekian banyak kerapu teknologi budidaya kerapu telah dikuasai, baik dari segi pembenihannya maupun pembesarannya. Sekarang telah berkembang ikan kerapu jenis baru, hasil persilangan antara beberapa jenis kerapu. Kerapu cantang adalah kerapu hasil persilangan kerapu macan dan kerapu kertang.

perekayasaan hibridisasi ikan kerapu antara ikan kerapu macan betina dan kerapu kertang jantan telah menghasilkan satu varietas baru yang secara morfologis  mirip dengan kedua spesies induknya, sedangkan partumbuhannya lebih baik daripada ikan kerapu macan dan kerapu kertang itu sendiri.  Dengan hadirnya benih varietas baru ini diharapkan dapat membantu produksi benih secara Nasional untuk mendukung pencapaian target produksi sebesar 353% Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2014.

Dalam budidaya perikanan, pakan merupakan faktor penting dikarenakan beberapa hal, salah satunya adalah fungsi pakan untuk memacu pertumbuhan organisme budidaya dengan pemberian pakan yang bergizi, tepat waktu dan dosis yang cukup. makanan yang diperlukan dalam budidaya ikan kerapu, membutuhkan biaya produksi yang cukup tinggi. Sekitar 60%-70% dari total biaya produksi digunakan untuk pembelian pakan.

Karena itu, manajemen (pengelolaan) pakan sangat penting dalam budidaya perikanan, bukan saja karena merupakan bagian dari sistem produksi yang menyedot biaya terbesar, melainkan juga sangat berpengaruh terhadap kualitas air dan lingkungan sekitarnya. Manajemen pakan terdiri dari memilih merek atau membuat pakan yang akan digunakan, mengadakan, menyimpan dan prosedur pemberiannya kepada biota budidaya pada waktu yang tepat dan takaran yang benar

Biologi Ikan Kerapu Cantang

kerapu cantang (epinephelus sp) merupakan benih hibrid hasil perekayasaan perkawinan silang antara ikan kerapu macan (epinephelus fuscoguttatus) sebagai induk betina dengan kerapu kertang (epinephelus lanceolatus) sebagai induk jantan.

Baca juga: