TEORI PERTUMBUHAN EKONOMI KLASIK
Pendidikan

TEORI PERTUMBUHAN EKONOMI KLASIK

TEORI PERTUMBUHAN EKONOMI KLASIK

TEORI PERTUMBUHAN EKONOMI KLASIK

1. ADAM SMITH

Adam smith mengungkapkan jika pertumbuhan ekonomi ini didapat ketika semakin banyak sumber daya manusia yang saling melakukan sebuah kegiatan ekonomi, baik itu konsumtif maupun produktif. Sehingga perputaran akan perdagangan ekonomi semakin kuat melaju. Memang ketika pergerakan perdagangan ekonomi dilakukan oleh sektor dalam negeri, maka akan lebih baik.

Maka di sebuah negara pastilah akan mendorong agar rakyatnya menggunakan produk dalam negeri, agar bisa memaksimalkan produk dalam negeri dan tentunya akan meningkatkan pendapatkan dari para pelaku bisnis ekonomi di dalam negeri tersebut. Berbeda halnya ketika kabanyakan masyaratnya pada sebuah negara lebih menggunakan produk luar negeri, maka akan menyulitkan negara tersebut berkembang.

2. DAVID RICARDO

David mengungkapkan dalam buku karyanya yang berjudul “ the principles of politicacl and taxation “. Jika penerjemahan tentang pertumbuhan ekonomi berbeda dengan penjelasan dari para ahli yang ada. Menurutnya pertumbuhan ekonomi ialah keadaan di mana perdagangan ekonomi berikut dengan aktifitas ekonomi yang ada pada sebuah negara tersebut, dipengaruhi oleh maksimalnya para pelaku ekonomi.

Sehingga ketika para pelaku ekonomi ada dengan jumlah yang besar pada sebuah bangsa, maka akan mengakibatkan dampak yang kurang baik, salah satunya ialah pendapatan dari para sumber daya manusia yang akan semakin menurun. Oleh sebab itu, pelaku bisnis haruslah sedikit namun dengan kualitas dan pendapatan yang maksimal.


Baca Juga :