Pendidikan

Tugas dan Tanggung Jawab Anggota Tim Audit Dalam Membuat Management Letter

Tugas dan Tanggung Jawab Anggota Tim Audit Dalam Membuat Management Letter

            Untuk menghasilkan management letter yang baik perlu kerjasama dari seluruh anggota tim audit, mulai dari junior auditor sampai dengan audit partner.

Berikut ini akan dijelaskan tugas dan tanggung jawab dari masing-masing anggota tim audit (dari kantor akuntan publik) dalam membuat management letter.

  1. Asisten Auditor (junior staf) :
  1. Sebagai petugas yang terjun ke lapangan (ke kantor perusahaan) setiap hari, bertugas mengumpulkan data dan informasi yang terdapat dalam pengendalian intern perusahaan, baik mengenai kebaikan maupun kelemahan pengendalian intern.
  2. Mendokumentasikan data dan informasi tersebut beserta photocopy bukti pendukung dalam kertas kerja pemeriksaan, untuk ditelaah lebih lanjut oleh senior auditornya.

  1. Senior Auditor (pimpinan tim pemeriksa) :

  1. Menelaah kertas kerja pemeriksaan yang dibuat asisten audotor, khususnya yang berkaitan dengan informasi mengenai kelemahan pengendalian intern perusahaan.
  2. Mengumpulkan hal-hal yang bisa dimasukkan dalam management letter, sekaligus menyusun konsep management letter.
  3. Mendiskusikan konsep management letter tersebut dengan begian pajak dan bagian management service dari kantor akuntan publik, untuk mendapatkan komentar mereka dari segi perpajakan dan sistem akuntansi.
  4. Menyerahkan konsep management letter kepada audit supervisor/manager untuk ditelaah.
  5. Setelah ditelaah oleh atasan, melakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan.

sumber :
https://www.ayoksinau.com/seva-mobil-bekas/