Perikanan

Tujuan Hukuman

Tujuan Hukuman

 

Tujuan utama dari penetapan dan penerapan hukuman dalam syariat islam adalah sebagai berikut:

  1. Pencegahan

Pencegahan adalah menahan orang yang berbuat jarimah agar ia tidak mengulangi perbuatan jarimahnya atau agar ia tidak terus menerus melakukan jarimah tersebut. Dan mencegah orang lain selain pelaku untuk tidak ikut-ikutan melakukan jarimah, sebab ia bisa mengetahui bahwa hukuman yang dikenakan kepada pelaku juga akan dikenakan terhadap orang lain yang juga melakukan perbuatan yang sama.

  1. Perbaikan dan Pendidikan

Tujuan yang kedua  dari penjatuhan hukuman adalah mendidik pelaku jarimah agar ia menjadi orang yang baik dan menyadari kesalahannya. Dengan adanya hukuman ini diharapkan akan menimbulkan dalam diri si pelaku suatu kesadaran bahwa ia menjauhi jarimah bukan karena takut akan hukuman melainkan karena kesadaran diri dan kebenciannya terhadap jarimah serta dengan harapan mendapat ridha dari Allah.[5]

  1. Untuk memelihara masyarakat, dalam kaitan ini pentingnya hukuman bagi pelaku jarimah sebagai upaya menyelamatkan masyarakat dari perbuatanya. Dengan demikian, hukuman itu pada hakikatnya adalah obat untuk menyembuhkan penyakit yang diderita si pelaku kejahatan agar masyarakat terhindar dari penyebaranya. Walaupun pada kenyataanya, hukuman itu merupakan penderitaan bagi yang berbuat kejahatan.

sumber :

 

https://freemattandgrace.com/tukangkonten-com/