Upaya Pemerintah Dalam Mengimplementasikan Kebijakan Ekonomi
Pendidikan

Upaya Pemerintah Dalam Mengimplementasikan Kebijakan Ekonomi

Upaya Pemerintah Dalam Mengimplementasikan Kebijakan Ekonomi

Upaya Pemerintah Dalam Mengimplementasikan Kebijakan Ekonomi

Pemerintah selaku pemimpin suatu daerah

harus melakukan upaya-upaya yang tidak merugikan rakyat banyak seperti dalam memahami aspirasi ataupun kebutuhan masyarakat secara keseluruhan harus benarbenar diperhatikan oleh pemerintah dalam mengimplementasikan kebijakan. Hal seperti inilah yang selalu mendapatkan maknanya, karena dari segala bentuk kegiatan yang dilakukan baik itu berasal dari jalur pemerintahan, pemimpin maupun secara kemasyarakatan lewat aspirasi yang disampaikan atau diberikan oleh rakyat atau masyarakat, bila dalam proses pelaksanaannya dilakukan secara terpadu dan sesuai dengan harapan, maka pemerintah dalam pelaksanaan tugasnya akan berjalan dengan baik dan tidak akan menimbulkan dampak yang negative dari masyarakat.

          Kemudian dalam proses pelaksanaan kebijakan, pemerintah harus benar-benar dapat mengsosialisasikan kepada setiap anggota masyarakat agar nilai-nilai yang terkandung dalam suatu kebijakan yang dilaksanakan tersebut dapat terealisasi dengan sebaik-baiknya, sehingga kebijakan yang sudah dilaksanakan di satu pihak tidak merugikan ataupun menghambat program pemerintah dan di lain pihak juga masyarakat merasa aspirasi mereka didengar dan sekaligus dilaksanakan serta tidak merasa dirugikan oleh pemerintah setempat. Jadi dalam hal ini kedua belah pihak tidak merasa saling dirugikan, baik dalam persoalan waktu maupun pikiran.

Salah satu kunci keberhasilan pemerintah adalah dengan adanya kewibawaan dan gaya kepoloporan yang tinggi untuk diperlihatkan kepada masyarakat yang tercermin dalam diri seorang pemimpin, sehingga mampu menumbuhkan partisipasi aktif tanpa ada paksaan dari siapapun karena merasa tergugah dengan semangat bekerja sama yang diperlihatkan oleh pemerintah untuk mencapai tujuan bersama.

Selanjutnya pemerintah dapat melakukan atau melaksanakan hal-hal yang erat kaitannya dengan pelaksanaan tugas atau kebijakan dalam menggerakan ekonomi sumber daya manusia, seperti yang tersebut dibawah ini :

  1. Pemerintah harus  membina komunikasi yang berkesinambungan dengan bawahan
  2. Dalam pelaksanaan kebijakan maupun pembangunan diupayakan harus transparan dan terbuka dengan masyarakat.
  3. Kemudian sehubungan dengan kemampuan pemerintah, lewat kebijakan yang akan dilaksanakan, harus sesuai dengan hasil kesepakatan bersama agar kebijakan tesebut dapat berjalan dengan lancar.
  4. Dalam pelaksanaan proyek pembangunan yang sedang dilaksanakan, kiranya pemerintah selaku koordinator pembangunan, harus selalu mengadakan pengawasan ataupun pemantauan langsung ke lapangan sehingga proses pengerjaannya dapat berjalan atau selesai dengan baik dan terutama tepat pada waktunya.
  5. Pemerintah juga kiranya selalu memperhatikan segala bentuk kebutuhankebutuhan masyarakat, seperti dalam hal pemerataan pembangunan yang dilaksanakan di wilayah kelurahan.

Sumber: https://multiply.co.id/organ-trail-directors-cut-apk/